Saturday 27 October 2012

Apa itu Kartu Jakarta sehat (KJS ), dan Kartu Pintar dan Kapan Mulai Diluncurkannya Program Kartu Jakarta sehat (KJS ), dan Kartu Pintar di Jakarta?



Banyak orang mungkin belum tahu , apa itu Kartu Jakarta sehat (KJS )?


-Kartu Jakarta sehat (KJS ) merupakan kartu jaminan kesehatan gratis bagi warga DKI Jakarta di puskesmas serta rumah sakit umum daerah (RSUD), termasuk melayani pasien cuci darah.

-Menurut Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, mengatakan bahwa Kartu Jakarta sehat (KJS ) itu berlaku untuk seluruh warga DKI Jakarta, termasuk juga untuk orang kaya, namun asal tidak malu saja.




-Pengelolaan Kartu Jakarta sehat (KJS ) akan ada di bawah Unit Pelayanan Jaminan Kesehatan Daerah (UP Jamkesda) yang bekerja sama dengan Bank DKI ( pihak yang mengatur teknis pembayaran ) dan PT Askes (pemberi asuransi).

-Menurut anggota komisi E DPRD DKI Jakarta, Kartu Jakarta sehat (KJS ) menjadi hak seluruh warga DKI jakarta, dengan catatan :

--> Mau berobat ke puskesmas atau 

--> Menjalani rawat inap di kelas III RSUD.

-Diperkirakan 50% dari total jumlah penduduk DKI Jakarta atau 4,7 juta orang , akan memanfaatkan Kartu Jakarta sehat (KJS ).

-Anggaran kesehatan Rp.700 Miliar dari APBD DKI Jakarta akan dikeluarkan untuk merealisasikan program Kartu Jakarta sehat (KJS ) ini.



Apa itu program Kartu Pintar untuk warga DKI Jakarta?

-Kartu Pintar  merupakan program pendidikan gratis untuk pelajar SMA/SMK.

-Mereka yang berhak mempunyai Kartu Pintar , akan diberikan Rp.240.000 per bulan untuk kebutuhan mereka bersekolah seperti:

--> ongkos ke sekolah

--> pembelian buku tulis atau buku cetak

--> seragam sekolah


-Program Kartu Pintar diperkirakan akan menyentuh 10.000 pelajar miskin yang duduk di bangku SMA/SMK.

-Pembagian Kartu Pintar akan dilakukan secara bertahap, dimulai dengan pemberian Kartu Pintar kepada 2.000 siswa SMA/SMK. Sisanya akan diberikan secara bertahap pula.





Lalu, kapan Kartu Pintar  dan kartu Jakarta Sehat (KJS) akan mulai dibagikan?

Menurut Gubernur DKI Jakarta, Jokowi, program Kartu Pintar  dan kartu Jakarta Sehat (KJS) akan secara resmi diluncurkan pada hari Sabtu, tanggal 10 November 2012 , yang bertepatan dengan Hari Pahlawan.





No comments:

Post a Comment