Saturday 20 October 2012

Sejarah Asal Usul Makanan Kaleng dan Alat Pembuka Kaleng pada Makanan Berkaleng




Berikut ini merupakan sejarah ditemukannya makanan berkaleng serta alat pembuka makanan berkaleng, yaitu:

1. pada awal abad ke 19, dikisahkan tentara Perancis di bawah kepemimpinan Napoleon Bonaparte sudah berhasil menaklukkan negara-negara yang berbatasan langsung dengan negaranya yaitu Perancis.

2. Walaupun kemenangan demi kemenangan diraih Napoleon Bonaparte, ada satu masalah yang mengganjal yang menghantui mereka, yaitu: 
Perbekalan makanan yang mereka bawa ke medan pertempuran cepat rusak atau cepat membusuk, sehingga banyak tentara Perancis yang meninggal bukan karena dibunuh musuh, melainkan karena kelaparan akibat persediaan bahan makanan yang menipis akibat banyak yang cepat membusuk.

3. Napoleon Bonaparte menghadapi permasalahan tersebut kemudian mengadakan sayembara, dan di dukung oleh pemerintah Perancis dan koran Le Monde, dengan memberikan hadiah sebesar 12.000 franc kepada penemu yang berhasil membuat makanan menjadi lebih awet dan tidak cepat membusuk.

4. Akhirnya pada tahun 1809, sayembara tersebut dimenangkan oleh Nicolas Francois Appert, dimana ia membuat makanan menjadi awet dengan cara memanaskannya di dalam sebuah botol kaca yang telah disumpal rapat.

5. Namun, penemuan Nicolas Francois Appert ini bukannya tanpa kelemahan. Membawa makanan di dalam botol kaca ke medan perang sangatlah merepotkan sebab gampang pecah.

6. Untuk mengatasi masalah tersebut, setahun kemudian, Peter Durand membuat suatu cara untuk mengganti botol kaca tersebut dengan memakai wadah yang memiliki bentuk silinder dengan bahan dari timah atau besi tempa.

7. Saat itu, kaleng makanan  generasi awal sangatlah tebal, dimana kelemahan penemuan Peter Durand adalah saat itu belum ditemukannya alat pembuka kaleng.

8. Akibat belum ditemukannya alat pembuka kaleng, maka tentara Perancis saat itu membukanya dengan cara memakai sangkur di ujung senapannya atau dengan membenturkan kaleng tersebut ke batu.
9. Pada rumah tangga, karena belum ditemukannya alat pembuka kaleng, maka cara membukanya adalah dengan memakai pahat serta palu.

10. Pada tahun 1858, seorang penemu bernama Ezra Warner berhasil membuat pembuka kelang pertama kali di dunia. Namun, ada juga klaim bahwa alat pembuka kaleng sudah ditemukan sebelumnya oleh penemu yang bernama Robert Yeates di tahun 1855.

11. Alat pembuka kaleng versi Ezra Warner saat itu merupakan perpaduan antara bayonet serta pisau yang berbentuk melengkung seperti sabit.

12. Pada tahun 1870, seorang penemu yang bernama William Lyman berhasil mengembangkan alat pembuka kaleng dengan memberi tambahan berupa roda berpisau yang dapat memutar.

13. Pada tahun 1925, terdapat perusahaan yang bernama Star Can yang mengembangkan lagi alat pembuka kaleng dengan berhasil menambahkan roda yang bergerigi yang dapat diputar pada alat pembuka kaleng ciptaan William Lyman. Roda bergerigi yang ada di bagian bawah roda pisau itu dapat bergerak berlawanan arah dengan roda pisau. 

14. Pada tahun 1931, prinsip yang digunakan perusahaan Star Can, kemudian diterapkan  pada alat pembuka kaleng yang menggunakan tenaga listrik.

1 comment:

  1. bermanfaat sekali makanan yang dikalengkn. thanks buat infonya.

    ReplyDelete