Monday 8 October 2012

Gejala Penyakit Hepatitis B dan cara Pencegahan Penyakit Hepatitis B Pada Anak



Berikut ini hal-hal yang perlu anda ketahui mengenai gejala penyakit Hepatitis B dan cara pencegahan penyakit Hepatitis B pada anak, yang perlu anda ketahui, yaitu:

1. Hepatitis B pada anak lazimnya tidak menunjukkan gejala seperti penyakit lain pada umumnya. Oleh karena itu, seorang anak baru ketahuan menderita Hepatitis B setelah dicek darahnya.

2. Gejala Hepatitis B  pada anak yang sudah besar yaitu:

-Gejala lemas

-Tidak napsu makan

-Demam

-Kuning

-Mual dan muntah


3. Penularan Hepatitis B  bisa melalui darah.

4. Di Indonesia, penularan Hepatitis B  paling kerap terjadi melalui ibu ke anaknya sendiri, sebagian kecil terjadi oleh sebab infeksi dari manusia di sekelilingnya sendiri.

5. Bayi yang tertular Hepatitis B ketika lahir, maka 95% akan membawa terus virus Hepatitis B  dan menjadi kronis, sehingga sang anak kelak akan menderita kanker hati atau ketika dewasa kelak ia akan menderita sirosis hati .

6. Pemeriksaan darah pada anak dikatakan menderita Hepatitis B , jika HBsAg sang anak itu positif.

7. Adapun keberhasilan pengobatan Hepatitis B , sampai dengan saat ini masih tergolong rendah.

8. Sang ibu perlu melakukan pencegahan Hepatitis B terhadap anaknya dengan melakukan pemeriksaan secara rutin tiap 6 bulan -1 tahun sekali.


9. Bagaimana cara pencegahan penyakit Hepatitis B  pada anak?

Caranya dengan:

-Memberikan vaksinasi Hepatitis B  seawal mungkin, sebelum bayi berusia 12 jam, hal ini dimaksudkan dengan tujuan jangan sampai virus masuk terlebih dahulu daripada pemberian vaksin Hepatitis B .

-Memberikan immunoglobulin Hepatitis B  pada usia bayi kurang dari 12 jam pada paha yang berbeda.

No comments:

Post a Comment