Monday 8 October 2012

Dampak Negatif Wanita Ibu Hamil Yang Merokok



Apa saja dampak negatif yang ditimbulkan apabila wanita atau ibu yang sedang hamil, meneruskan kebiasaan merokok, terhadap perkembangan bayinya?

1. Zat kimia yang ada di dalam tembakau dan asap rokok akan bisa mempengaruhi kesehatan serta berat badan dan kecerdasan sang bayi di dalam kandungannya.

Mengapa demikian?

Hal tersebut oleh sebab kadar asam lemak esensial ( essential fatty acids / EFA) yang berperan untuk kesempurnaan semua fungsi sel hidup, yang dibutuhkan oleh sang bayi akan menurun.

Bayi selama masih dalam kandungan ibunya, sangat membutuhkan EFA yang diperoleh dari pasokan ibunya sendiri.

 Akibat zat kimia dalam rokok yang membuat ketersediaan asam lemak esensial menjadi tidak tercukupi , sehingga akibatnya bisa menghambat pertumbuhan saraf sang bayi, akibatnya akan menyebabkan menurunnya tingkat kecerdasan sang bayi , sejak di dalam masa kandungan.

2. Penelitian memperlihatkan bahwa wanita yang memutuskan stop untuk merokok ketika tahu bahwa dirinya sedang mengandung, akan melahirkan bayi dengan berat rata-rata 300 gram lebih berat, jika dikomparasikan dengan bayi yang lahir dari ibunya yang tetap meneruskan kebiasaan merokok sewaktu masa hamil.

No comments:

Post a Comment