Sunday 7 October 2012

Tips Merawat Kolam Air Atau Kolam Ikan (Pond) di Taman pekarangan Rumah Anda



Berikut ini merupakan beberapa tips merawat kolam air atau kolam ikan (pond) di taman pekarangan di rumah anda, yaitu:

1. Ukuran kolam bisa dijadikan penanda ,seberapa sering anda mesti mengurasnya. Bila kolamnya berukuran kecil, maka akan cepat kotor serta berlumpur. 
Oleh karena itu, kolam yang kecil mesti lebih sering dibersihkan. Ketika membersihkan kolam, pindahkan dulu ikan-ikannya ke tempat lainnya.

2. Di dasar kolam ikan , lazimnya ada endapan lumpur, sehingga dapat membuat air menjadi keruh. Maka, lumpur ini mesti dibersihkan dengan memakai pond vacuum, kecuali bila kolam tersebut sudah dibuat dengan pond-liner ( plastik).

3. Setelah lumpur diangkat, maka kemudian bersihkan filter ( saringan ) air. Lalu, sikat lumut-lumut yang tumbuh di dinding kolam sampai dengan bersih, sehingga kolam ikan pun akan terlihat jernih dan sehat.

4. Rapikan pot serta tanaman yang ditaruh diseliling kolam ikan, Daun serta bunga yang sudah layu perlu anda buang supaya yang tersisa hanya kesan segar saja. Bersihkan pula tanah yang lazimnya keluar dari dasar pot , supaya lingkungan kolam terlihat makin bersih.

5. Bila anda hendak melengkapi kolam ikan di pekarangan dengan lampu sebagai pencahayaan yang baik di malam hari, maka lampu yang lazimnya digunakan pada wilayah yang basah adalah jenis spotlight dengan tegangan yang rendah, sekitar 12-24 Volt.
 Bila tegangannya tinggi, maka dapat mengundang potensi bahaya. Lampu dengan tegangan rendah mempunyai trafo penurun tegangan. 
Model ini dikatakan aman dipakai di dalam air atau area di luar ruangan. Yang perlu diperhatikan adalah trafo penurun tegangan ditaruh pada daerah yang tertutup rapat, keringm serta jauh dari jangkauan air. 

6.Cek juga rumah lampunya , dimana untuk pemasangan di luar ruangan atau di dalam air, rumah lampu mesti ditutup rapat serta kedap udara, sehingga tidak ada setitik air yang bisa masuk. 
Anda dapat memasang lampu yang mudah dipasang dimana saja, yaitu lampu serat optik.

No comments:

Post a Comment