Saturday 6 October 2012

Tips Aman Berkendara Menyetir Mobil Di Malam Hari



Berikut ini merupakan beberapa tips supaya aman dalam berkendara menyetir mobil di malam hari, yaitu:

1. Perhatikan faktor pencahayaan mobil. Cek kondisi seluruh lampu pada mobil, yaitu lampu utama, lampu rem serta lampu sein, apakah semuanya berfungsi dengan baik.

2. Hindari penggunaan lampu utama yang terlalu silau, sebab dapat membahayakan pengendara mobil lainnya, kecuali pada saat-saat tertentu.

3. Supaya bisa memperoleh hasil yang baik, kita dianjurkan untuk meluruskan arah sorot lampu utama dengan meminta bantuan teknisi bengkel terpercaya, bila anda belum bisa melakukannya sendiri.

4. Disarankan, supaya memasang instalasi lampu rem tambahan , misalnya high-mounted brake lamp atau ganti bohlam konvensional mobil anda dengan lampu halogen atau high intensity Discharge (HID) yang lebih terang.

5. Gunakan lampu kabut mobil bila cuaca sedang tidak baik.

6.Bersihkan kaca mobil yang telah kotor secara rutin , sebab bisa membantu meningkatkan kemampuan pandangan mata anda. 

7. Selalu simpan pembersih kaca serta lap pada mobil sebagai antisipasi jika tiba-tiba mendadak anda butuhkan.

8.Dilarang mengkonsumsi obat atau minuman yang mengandung alkohol ketika anda  menyetir mobil di malam hari.

9. Dianjurkan tidak merokok selama anda menyetir mobil di malam hari, sebab asap rokok tersebut dapat menghalangi pandangan mata anda saat anda menyetir.

10. Selalu waspada saat menyetir di malam hari, dengan memperhitungkan jarak serta kecepatan mobil anda dengan mobil lainnya.

11. Senantiasa siaga dan sigap dalam menghadapi kemungkinan mobil anda mogok di tengah malam. 
Bila mobil mogok di tengah jalan, maka selalu berhenti di tempat yang aman, jangan di tempat yang sepi, lalu pasang segitiga pengaman, dan buat mobil anda bisa terlihat saat malam hari.

No comments:

Post a Comment