Sunday 6 May 2012

4 Jenis Makanan Diet yang Sehat


Mengetahui jenis makanan diet yang sehat sangat penting bagi anda yang hendak menjalani pola hidup sehat yang bertujuan untuk mengurangi kelebihan berat badan dengan cara berdiet.

Dewasa ini, banyaknya makanan junk food yang tidak sehat dapat menyebabkan orang menjadi mudah gemuk dan terancam menderita obesitas serta penyakit degeneratif lainnya.

Untuk itulah anda perlu melakukan diet yang sehat, dan perlu juga mengetahui makanan diet apa saja yang sehat untuk dikonsumsi anda saat menjalankan diet.

Berikut ini merupakan 4 jenis makanan diet yang wajib anda ketahui agar diet anda berjalan dengan baik dan anda pun menjadi sehat, yaitu:

1.      Gandum Utuh ( Oat )

Makanan diet yang sangat penting anda konsumsi adalah gandum utuh atau oats, misalnya oats merek Quaker Oats yang dapat dengan mudah anda jumpai di supermarket terdekat. 
Gandum utuh merupakan makanan dari biji-bijian yang sangat baik karena dapat mengikat lemak dan kolesterol dalam darah. 
Makanlah minimal 6 ons sehari sebagai makanan diet yang sehat. Makanan diet ini dapat anda konsumsi dalam bentuk olahannya juga seperti roti gandum ( whole meal breads ).

2.      Sayuran Hijau
Sayuran hijau kaya akan serat dan merupakan makanan diet yang dapat menyehatkan bila anda mengkonsumsi secara rutin. 
Serat pada sayuran juga memberikan efek mengenyangkan pada tubuh serta membantu mengeluarkan racun yang mengendap dalam tubuh, memperlancar buang air besar serta mengurangi resiko terkena ambien.



3.      Buah-buahan
Buah-buahan juga merupakan makanan diet yang penting untuk menyehatkan tubuh karena mengandung berbagai macam vitamin serta serat yang menyehatkan tubuh.
 Pilihlah buah yang anda sukai untuk dikonsumsi sehingga anda merasa tidak terpaksa untuk memakannya, namun tetap menyehatkan tubuh, misalnya pepaya, apel , melon yang dapat membantu anda dalam mengurangi rasa lapar saat anda menjalani proses diet.

4.      Susu
Susu merupakan makanan diet yang wajib anda konsumsi saat anda menjalankan diet agar tubuh anda tetap mendapatkan asupan gizi yang cukup seperti kalsium untuk kesehatan tulang anda serta vitamin dan mineralnya yang berfungsi melindungi tubuh anda dari penyakit saat anda menjalani proses diet. 
Namun, pastikan bahwa susu yang akan anda konsumsi adalah susu yang benar- benar rendah lemak atau tanpa lemak. 
Memang harganya lebih mahal dari susu segar biasa serta rasanya agak kurang gurih, namun bila anda berkomitmen untuk menjalani proses diet yang sehat, pengorbanan anda akan menuai hasilnya yang sepadan yaitu kesehatan. Ingat, kesehatan itu mahal harganya.
            

No comments:

Post a Comment