Sunday 6 May 2012

6 Cara Mengobati Sariawan


Ada beberapa cara untuk mengobati penyakit Sariawan di dalam mulut. Namun sebelum itu, kita perlu mengetahui, apa itu sariawan dan penyebab bisa munculnya sariawan di dalam mulut.

Apa itu sariawan?
Sariawan atau stomatitis merupakan suatu pembengkakan dan peradangan yang muncul di lapisan mukosa mulut manusia. 

Apakah sariawan termasuk penyakit yang serius?
Sariawan tidak termasuk penyakit yang serius atau membahayakan jiwa seseorang, tetapi yang namanya penyaakit, tentu saja sariawan dapat menganggu kenyamanan saat anda makan atau saat anda berbicara.

Apa sih penyebab penyakit sariawan?
Penyebab penyakit sariawan atau stomatitis ada beberapa faktor, yaitu:
  1. Stress
  2. Luka yang terjadi di dalam mulut seseorang
  3. Alergi pada jenis makanan tertentu
  4. Siklus Haids pada wanita
  5. Terlalu banyak mengkonsumsi obat antibiotik atau asam.
Berikut ini merupakan 6 cara mengobati penyakit sariawan, yaitu:

1. Kumurlah dengan menggunakan air garam secara rutin.
Cara mengobati penyakit sariawan yang paling mudah adalah dengan berkumur dengan menggunakan air yang hangat yang telah dicampur dengan garam secara rutin tiga kali sehari, dengan tujuan untuk mempercepat penyembuhan luka sariawan. 
Kuncinya adalah terletak pada kandungan garam yang berfungsi menarik cairan yang dapat menyembuhkan luka sariawan dengan cepat sekali.

2. Mengkonsumsi Yoghurt.
Untuk mempercepat proses penyembuhan luka sariawan pada mulut serta untuk pencegahan penyakit sariawan di kemudian hari, maka rajinlah mengkonsumsi yoghurt. Yoghurt ini bisa membantu munculnya keseimbangan jumlah bakteri di dalam mulut dan tubuh kita.

3. Kumurlah Mulut Kita dengan Obat Tradisional.
Untuk mempercepat proses penyembuhan luka sariawan, maka anda bisa berkumur mulut  dengan menggunakan beberapa obat tradisional seperti: minyak tea tree oil , ekstrak biji anggur, lidah buaya, hidrogen peroksida, atau air matang hangat dicampur dengan garam. 

4. Oleskan Langsung Luka Sariawan dengan Bawang Putih serta Pepaya
Anda bisa menimpa luka sariawan pada mulut anda dengan olesan bawang Putih mentah, atau Pepaya , sehingga dapat mempercepat proses penyembuhan luka sariawan anda.

5. Berkumur dengan Menggunakan Baking Soda.
Cobalah berkumur dengan menggunakan campuran antara air hangat dengan soda kue atau baking soda. Kegunaan baking soda ini adalah dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat luka sariawan serta membantu mengurangi jumlah bakteri di dalam mulut. 

6. Minumlah Multivitamin yang dianjurkan.
 Rajin mengkonsumsi beberapa jenis vitamin seperti vitamin C, vitamin B serta Asam Folat dapat membantu mencegah serta mempercepat penyembuhan luka sariawan pada mulut.
Sumber: http://beritahandry.blogspot.com/

No comments:

Post a Comment