Monday 7 May 2012

Pulau Terkecil di Dunia: Pulau Simping di Indonesia


Pulau yang terkecil di dunia adalah pulau Simping yang terletak di Singkawang, Kalimantan Barat. Sedangkan pulau terbesar di dunia adalah Greenland, di negara Denmark.

Dimanakah letak pulau terkecil di dunia ini berada? Pulau terkecil di dunia ini terletak di Singkawang Selatan, di daerah perairan Pantai Teluk Mak Jantu. Luas pulau terkecil di dunia ini hanya seluas satu hektar saja.

Pulau Simping ini sebelumnya dinamakan sebagai Pulau Kelapa Dua. Pulau ini terdiri dari bebatuan, pepohonan serta pasir. Uniknya, di pulau Simping ini dapat anda jumpai kelenteng yang dipakai etnis keturunan Tionghoa untuk beribadah.

Pulau Simping memiliki pesona panorama yang tak kalah indah, dimana wilayah pulau ini masih termasuk dalam wilayah konservasi yang masih dilindungi oleh pemerintah.

Untuk mencapai lokasi pulau Simping, anda harus menempuh terlebih dahulu perjalanan darat kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari kota Pontianak, atahu hanya 20 menit apabila dari Pusat Kota Singkawang. Pulau Simping ini hanya berlokasi 100 meter dari pantai Teluk Mak Jantu.

Pulau Simping merupakan bagian dari kawasan wisata Sinka Park Island yang merupakan kawasan wisata baru di daerah Singkawang. Mari kita jaga keberadaan pulau Simping sebagai pulau terkecil di dunia.

No comments:

Post a Comment