Monday 7 May 2012

Apa itu Canting dan Malam Batik?



Anda mungkin pernah mendengar istilah Canting untuk membatik. Sebenarnya apa itu canting batik?
Sebenarnya keberadaan Canting dan malam merupakan satu kesatuan peralatan membatik yang tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya.
Canting merupakan semacam kuas untuk membatik misal menggambar motif batik Solo, sedangkan malam ibarat cat untuk melukis di atas kain batik polos.

Apa itu malam? Malam adalah suatu cairan lilin yang dibuat khusus untuk membatik. Warna malam biasanya kuning kesuraman dan gampang meleleh saat suhu 59 Derajat.

Malam ini mempunyai suatu kelebihan yaitu lilin tersebut dengan gampang melekat pada kain , sangat tahan lama serta tidak mudah berubah apabila ada perubahan cuaca.

Untuk melepaskan malam dari kain, pembatik biasanya merebus kain tersebut sampai lilinnya lepas.
Ada beberapa macam Malam yaitu malam tembok, malam klowong serta malam untuk proses remukan.

Malam berasal dari lilin lebah atau yang dikenal dengan sebutan bee wax yang didapat dari sarang lebah. Malam ini biasanya dijual dalam bentuk bongkahan di pasar tradisional. Bongkahan malam ini akan dipanasakan terlebih dahulu oleh para pembatik sebelum dapat digunakan sehingga meleleh menjadi suatu cairan dan ditaruh kedalam suatu wajan dan kompor kecil yang digunakan khusus untuk membatik.

Lalu apa sih sebenarnya kegunaan malam untuk membatik?
1. Kegunaan malam adalah untuk menutup bidang batik sesuai dengan motif agar tidak terkena warna.
2. Malam dipakai untuk mempertahankan warna supaya tidak terkena warna lain saat proses pemberian warna selanjutnya dalam proses membatik.

Bagaimana proses penggunaan malam?

Setelah ditorehkan di kain, maka batik yang sudah dilukis dengan malam akan melalui proses pewarnaan, lalu direbus di dalam air panas supaya dapat hilang dari kain batik. Saat air mendingin, maka malam akan mengapung, karena malam sebenarnya terbuat dari lemak hewani lebah. Malam yang mengapung ini lalu digabung dengan parafin serta gondorukem ( getah yang berasal dari pepohonan Pinus ) serta bahan lainnya. bahan campuran ini kemudian direbus sampai 7 jam , lalu dimasukkan ke dalam cetakan lalu didinginkan. Hasilnya adalah malam tercipta lagi dan dapat digunakan lagi untuk proses membatik.

No comments:

Post a Comment