Monday 7 May 2012

Tips Lemari Es anda Hemat Listrik


Lemari es atau kulkas merupakan suatu peralatan rumah tangga yang wajib ada di setiap rumah pada zaman sekarang ini. Dengan adanya lemari es, maka sayur-sayuran, buah-buahan , daging serta telur maupun bumbu memasak dapat disimpan lebih lama lagi.

Disamping kelebihan yang ditawarkan oleh lemari es, tak jarang muncul keluhan dari ibu rumah tangga karena listrik rumah tangga menjadi membengkak karena lemari es atau kulkas ini dinyalakan sepanjang hari sepanjang waktu yang mengakibatkan rumah anda menjadi boros listrik.

Ingin kulkas atau lemari es anda bisa hemat listrik dan tidak boros energi?

Berikut ini merupakan beberapa tips agar lemari es anda tidak boros listrik dan hemat energi, yaitu:

1.Efektifkan pemakaian kulkas anda, maksudnya disini adalah jangan mengisi lemari es anda terlalu penuh, melainkan isilah kulkas anda secukupnya, karena apabila lemari es anda menjadi terlalu penuh dengan isinya, akan mengakibatkan sirkulasi udara dalam lemari es akan menjadi kurang lancar. Akibatnya energi untuk mendinginkan isi kulkas pun menjadi jauh lebih banyak dikeluarkan sehingga kulkas anda menjadi semakin boros listrik.

2.Pilih ukuran lemari es sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila anda hendak membeli lemari es yang baru, maka pertimbangan pertama yang harus anda pikirkan adalah pilihlah ukuran lemari es sesuai dengan kebutuhan anda. Apabila makanan yang hendak anda simpan di kulkas  begitu banyak, maka pilihlah lemari es yang berukuran kecil dan sebaliknya.

3. Jangan terlalu lama membuka pintu kulkas. Pastikan saat anda menutup kembali pintu lemari es, pintunya tertutup rapat. Hal ini dimaksudkan agar mencegah udara di luar lemari es yang lebih hangat masuk terlalu banyak ke dalam kulkas.

4. Sisakan jarak 15 cm antara lemari es dengan dinding tembok rumah anda, yang bertujuan agar sirkulasi udara ke kondensor lemari es anda dapat berjalan dengan lancar serta baik.

5. Jangan letakkan lemari es anda dekat dengan sumber panas, seperti terkena sinar mentari langsung, kompor gas anda dan lain sebagainya. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting.

6.Suhu lemari es diatur sesuai dengan kebutuhan anda , karena semakin turun suhu udaranya di dalam kulkas, maka semakin besar energi listrik yang dikeluarkan, akibatnya listrik anda tambah boros.

7. Jangan lakukan memasukkan makanan serta minuman yang masih panas, langsung kedalam lemari es karena kulkas anda akan semakin bekerja lebih 'keras' untuk mendinginkan makanan minuman panas tersebut.

8. Isi freezer ( bagian yang sangat dingin di kulkas ) maksimal 1/10 dari volume freezer, hal ini dimaksudkan karena isi yang terlalu banyak di dalam freezer akan menyebabkan terhambatnya proses pembekuan.

9. Lakukan perawatan lemari es dengan mencairkan bunga es secara rutin karena sangat membantu mengurangi kulkas mengeluarkan energi listrik secara boros.

10. Saat anda sekeluarga hendak pergi berlibur keluar kota dalam waktu yang lama, hendaknya matikan lemari es anda untuk menghemat penggunaan listrik.

No comments:

Post a Comment