Monday 28 May 2012

Apa itu Batuk, Mengapa terjadi Batuk dan Jenis Batuk


Apa itu batuk?

Ternyata Batuk bukanlah jenis suatu penyakit. Batuk merupakan suatu mekanisme pertahanan dari tubuh manusia yaitu disaluran pernapasan dan merupakan tanda / ciri dari suatu penyakit atau hasil reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan oleh sebab adanya debu, makanan, asap ataupun lendir.

Mengapa Terjadi Batuk?

Batuk terjadi oleh sebab adanya rangsangan tertentu, contohnya debu di reseptor batuk ( hidung, saluran pernafasan, ataupun telinga ). Lalu reseptor akan mengalirkan melalui syaraf ke pusat batuk yang terletak di otak manusia. Dari sini, ia akan memberikan sinyal pada otot tubuh manusia agar mengeluarkan benda asing tadi yang akibatnya muncullah Batuk.

Apa itu Batuk Ringan?

Batuk ringan merupakan batuk yang timbul karena masuk angin atau batuk gejala influenza yang umumnya muncul ketika terjadi perubahan musim pancaroba.
Batuk ringan umumnya tidak lama, anda hanya cukup waktu untuk beristirahat serta meminum obat, maka gejala batuknya akan mulai berkurang.

Jenis Batuk

Batuk biasanya merupakan tanda dari suatu penyakit di dalam tubuh manusia. Beikut ini merupakan beberapa penyakit yang salah satu gejalanya adalah batuk, yaitu:

1. Penyakit TBC ( Tuberkolosis /TB)
Gejala yang di alami si penderita TBC biasanya akan batuk yang sangat sering pada malam maupun siang hari, dimana tubuhnya akan terus mengurus. Penyakit TBC bisa menyerang baik orang dewasa maupun anak-anak.

2. Penyakit Asma.
Penyakit asma dipercaya timbul dipicu asap, udara dingin serta debu. Gejala penyakit Asma ditandai dengan munculnya batuk ataupun sesak napas yang semakin intens di malam hari. Asma adalah termasuk penyakit kambuhan, sehingga penderitanya disarankan selalu membawa alat pelega pernapasan seperti inhaler.

3. Penyakit Pneumonia
Penyakit Pneumonia merupakan nama lain dari penyakit paru-paru basah. Gejala Pneumonia yang timbul adalah sering batuk-batuk, mengalami demam panas yang meninggi serta tubuh si penderita menggigil hebat. Segeralah pergi ke dokter agar penyakit ini segera ditangani lebih lanjut.

4. Penyakit Pertusis atau nama lainnya Batuk Rejan.
Gejala dari penyakit Pertusis atau Batuk Rejan yaitu munculnya batuk yang tidak berhenti berhenti selama beberapa kali serta diakhiri dengan napas yang terengah-engah. Batu rejan akan sangat rentan bila tertimpa pada anak kecil serta bayi, karena batuk rejan mengakibatkan anak kecil dan bayi mengalami kekurangan oksigen sebagai akibat dari batuk yang panjang serta terjadi secara terus menerus.

5. Penyakit Bronchitis
Gejala penyakit Bronchitis adalah adanya batuk yang disertai suara semacam bersiul ketika bernapas. Penyakit Bronchitis muncul diakibatkan oleh adanya infeksi virus pada saluran udara kecil paru-paru manusia.

No comments:

Post a Comment