Tuesday 8 May 2012

Profil Francois Hollande, Presiden Terpilih Perancis 2012

Berikut ini merupakan profil serta biografi  Francois Hollande, Presiden Terpilih Perancis 2012:

Tempat Tanggal Lahir  : Rouen, Tanggal 12 Agustus 1954
Orang Tua  : Nicole Frederique Marguerite Tribert ( Ibu)
                     Georges Gustave Hollande ( Ayah )
Istri  : Segolene Royal ( 1972-2007,kemudian bercerai)
Anak: Thomas, Clemence, Julien, dan Flora
Kekasih sekarang  : Valerie Trierweiler ( sejak 2007 )
Partai politik : Partai Sosialis
Dilantik menjadi Presiden Perancis : Tgl 15 Mei 2012.

Francois Hollande menjadi presiden terpilih Perancis tahun 2012, yang dari kubu Sosialis , dengan mengalahkan Nicolas Sarkozy pada hari Minggu 6 Mei 2012.

Hollande lahir di daerah Rouen ,Perancis pada tanggal 12 Agustus tahun 1954 di sebuah keluarga kelas menengah. Ibunya merupakan seorang pekerja sosial, sedangkan ayahnya merupakan seorang dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan. Ayahnya di masa lalu pernah menjabat sebagai seorang politisi ekstrem kanan di sebuah partai politik lokal di Perancis.

Hollande dididik serta dibesarkan di dalam keluarganya secara katolik. Nenek moyangnya yang merupakan kaum Calvinis, dulu melarikan diri dari negara "Holland" atau sekarang Belanda, sekitar abad ke 16 Masehi. Atas dasar itulah , orang tuanya kemudian memberikan nama puteranya berdasarkan nama negara asal nenek moyangnya, Holland ( Belanda).

Pada tahun 1974, Hollande yang saat itu kuliah ,mulai terjun ke dunia politik. Saat itu, Hollande ikut bergabung menyukseskan kampanye calon presiden Mitterrand sebagai simpatisan. Berselang 5 tahun kedepan, Hollande mulai ikut Partai Sosialis.

Pada tahun 1981, Hollande mulai berani mengajukan diri dalam pemilihan Majelis  Nasional Perancis, berhadapan langsung dengan lawannya yang bernama Jacques Chirac dari Parta Republik, yang kemudian menjadi Presiden Perancis.

Hollande terpilih menjadi Presiden Perancis tahun 2012 saat ia berumur 57 tahun, dimana selama kampanye, peran besar kekasihnya Valerie yang bekerja sebagai wartawati politik senior Paris Match, sangat besar mendukung kemenangannya.

Hollande mempunyai beberapa julukan yang melekat kepadanya, sebut saja yang paling update adalah " Mr. Normal" , atau dulu dijuluki sebagai "Marshmallow Man" yang berarti pria polos namun berhati lemah lembut, atau julukan lainnya adalah Tuan Kompromi.

Adapun janji Hollande saat ia terpilih menjadi Presiden Perancis tahun 2012 adalah:

1. Berjanji akan mengurangi defisit anggaran negara serta berusaha mempertahankan model sosialisme cara Perancis.
2. Berusaha memuat maju generasi muda Perancis dan berusaha mewujudkan keadilan di negaranya.
3.Akan menantang fokus kebijakan negara tetangganya, Jerman yang terkesan memaksakan dilakukannya penghematan anggaran.
4. Berusaha membuat elemen pertumbuhan ekonomi negara akan bisa masuk dalam pakta anggaran Eropa.

No comments:

Post a Comment