Wednesday 23 May 2012

Sejuta Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh


Manfaat coklat bagi kesehatan masih banyak orang yang belum tahu.

Cokelat merupakan makanan yang terbuat dari tumbuhan kakao ( Theobroma cacao).
Adapun komposisi kandungan yang terdapat dalam cokelat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh adalah asam olet ( 35% ), asam stearat ( 35%), asam linoleat ( 3%), asam palmitat ( 25%), serta gula (sukrosa) dan senyawa lain-lain.

Beberapa manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh manusia adalah sebagai berikut:

1. Dapat meningkatkan Fungsi Mata Manusia

Sebuah universitas terkemuka di Inggris melakukan penelitian dimana hasilnya responden yang rajin makan cokelat hitam, mengalami peningkatan fungsi penglihatannya sebanyak 17 persen dalam hal keadaan cahaya kontras.

Mengapa bisa demikian? Ternyata cokelat hitam banyak mengandung flavonoid yang bisa membantu meningkatkan peredaran darah di dalam tubuh manusia , juga ke bagian mata manusia.

Flavonoid dapat menaikkan fungsi periferal pembuluh darah ke bagian mata manusia khususnya ke retina mata yang sering mengeluarkan banyak energi namun sering kekurangan pasokan darah, akibatnya retina mata jadi tercukupi pasokan darah akibat pengaruh flavonoid sehingga fungsi penglihatan mata menjadi lebih baik.

2. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung.

Hasil penelitian yang dilakukan oleh oleh para peneliti ilmiah dari Jerman dan diterbitkan oleh Associated Press, mengemukakan bahwa dengan rajin memakan cokelat secara rutin ternyata mampu mengurangi resiko penyakit jantung sebanyak 40 persen.
Mengapa demikian? ternyata kandungan asam oleat serta asam linoleat yang ada di dalam cokelat berfungsi sebagai senyawa antioksidan alamiah yang baik dalam mengurangi resiko stroke beberapa kali lipat.

3. Membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Cokelat mengandung asam lemak jenuh namun bermanfaat bagi kesehatan yaitu senyawa asam palmitat yang sangat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah manusia .

Yang perlu diperhatikan adalah kontrol keinginan untuk memakan cokelat secara over, karena walau bagaimanapun, cokelat tetap mengandung gula serta lemak yang bisa menambah kandungan kalori yang bisa berpengaruh terharap berat badan, sehingga anda perlu menyeimbangkannya dengan asupan kalori dari sumber makanan yang lainnya.

No comments:

Post a Comment