Saturday 19 May 2012

Siapa Juara Liga Champions 2012?

Berstatus underdog, bermain di "kandang" lawan, dan berkali-kali terjepit, Chelsea ternyata masih bisa jadi juara Liga Champions 2012. Hal ini pun bikin para pemain The Blues sulit berkata-kata.

Chelsea dalam posisi tidak diunggulkan saat berhadapan dengan Bayern Munich di laga final di Allianz Arena, Minggu (20/5/2012) dinihari WIB. Selain faktor stadion yang merupakan milik Bayern, mereka juga bermain tanpa empat pemain kunci: Ramires, John Terry, Raul Meireles, dan Branislav Ivanovic.

Di menit ke 55, Franck Ribery melakukan tendangan yang berbuah gol merobek gawang Petr Cech, namun gol nya kemudian dianulir karena hakim garis membuat keputusan Ribery dalam posisi off side.

Di menit ke 82, lewat umpan silang Toni Kroos lalu ditanduk ke bawah Thomas Mueller yang bebas tanpa kawalan. Bola lalu memantul dan petr Cech tidak mampu menahannya masuk ke gawang. 1-0 untuk Bayern Muenchen.

Chelsea baru kemudian bisa menyamakan kedudukan 1-1, dimana gol tercipta pada menit ke 87. Gol tercipta dari tendangan sudut Juan Mata yang dimanfaatkan dengan sangat baik oleh Didier Drogba yang terbang menanduk bola, sehingga penjaga gawang Bayern Muenchen, Manuel Neuer kebobolan gawangnya.

Babak perpanjangan waktu dilakukan setelah selama 90 menit laga pertandingan, skor tetap imbang 1-1. Klub sepakbola Chelsea hampir kalah saat pesepak bolanya, Didier Drogba melakukan pelanggaran di kotak penalti saat mengganjal Frank Ribery di menit ke 93.

 Tendangan penalti yang dilakukan Arjen Robben tidak dimanfaatkan dengan baik sehingga tendangannya dapat dibaca penjaga gawang Chelsea, Petr Cech yang membaca tendangan penalti Robben ke sudut kiri gawang.

Alhasil, skor tetap imbang 1-1 setelah pertandingan berlangsung selama 120 menit, sehingga pemenang Liga Champions 2012 harus ditentukan lewat adu penalti.

Philip Lahm yang menjadi eksekutor penalti pertama, berhasil melakukan tendangan penalti untuk klubnya ,meskipun bola sempat mengenai jari Petr Cech. Sedangkan Juan Mata malah tidak sukses melakukan tendangan penaltinya ketika tendangan bolanya berhasil ditaklukkan oleh Manuel Neurer.
Eksekutor penalti kedua serta ketiga masing-masing klub kemudian berhasil melakukan tugasnya dengan baik.

Drama adu penalti menjadi sangat menegangkan saat eksekutor Ivica Olic gagal membuahkan gol saat kiper Chelsea berhasil menghalau bolanya.Sedangkan eksekutor Ashley Cole malah berhasil membuat imbang skor menjadi 3-3.

Petaka bagi Bayern Muenchen mulai muncul saat eksekutor kelimanya, Bastian Schweinsteiger gagal melakukan tugasnya dengan baik saat tendangannya membuat bola hanya membentur tiang gawang. Keadaan berbalik membuat Chelsea menjadi unggul menjadi juara final Liga Champions 2012 saat eksekutornya , Didier Drogba berhasil mengelabuhi manuel Nueur sehingga membuahkan gol fantastis.

Klub Chelsea menjadi juara liga Champions 2012  dengan skor 4-3, yang merupakan gelar Liga Champions pertama The Blues dan membuat mimpi seorang Roman Abramovich sembilan tahun lalu menjadi kenyataan.

No comments:

Post a Comment