Monday 7 May 2012

Tips Merawat Radiator Mobil Anda


Banyak pengendara mobil tidak telaten merawat kondisi radiator mobilnya yang sebenarnya berfungsi sebagai pengatur suhu pada mobil. Akibatnya, pada saat mobilnya terjebak di dalam kemacetan lalu lintas, mobil akan menjadi over heat.

Bila radiator mobil tidak dirawat dengan rutin , maka bisa menyebabkan munculnya kerak, korosi serta munculnya kotoran yang tentu saja dapat berakibat pada sistem pendinginan mobil menjadi sangat terhambat, serta suhu kendaraan menjadi tidak stabil, bahkan bila kondisinya sudah menjadi parah akan menyebabkan terjadinya kebocoran.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, maka dilakukanlah perawatan radiator mobil anda secara rutin. Berikut ini merupakan beberapa tips dalam merawat radiator mobil anda, yaitu:

1. Panaskan terlebih dahulu mobil selama 10 menit, lalu matikan. Lalu, buka lubang pembuangan air radiator sampai semua air menjadi terbuang. 
Sambil tutup lubang tetap dibuka, masukan air bersih dengan memakai selang agar kotoran maupun kerak yang ada di bagian dalam radiator menjadi terdorong keluar.
 Saat mulai anda rasakan mulai bersih, segera tutup kembali lubang pembuangan lalu isi lagi air radiatornya. 
Setelah diisi, maka hidupkan lagi mesin mobil dan dipanaskan selam 5 menit, lalu lakukan lagi proses tersebut diatas dan ulangi terus sampai 3 kali dengan tujuan agar meyakinkan sudah tidak ada lag kerak maupun kotoran yang masih nempel di dalam radiator.
 Mesin dipanaskan ini merupakan bagian yang penting dilakukan guna meyakinkan air yang lama bisa tergantikan dengan air yang baru mengingat sistem kerjanya yang berputar.

2. Gunakan cairan penguras atau radiator flush yang berbahan kimia untuk membersihkan kerak. Cairan ini dapat anda dapatkan di toko yang menjual aksesoris mobil. Caranya, masukkan cairan penguras ke dalam tabung radiator, lalu panaskan mesin mobil anda selama 10 menit lalu matikan. Lalu, buang air melalui lubang pembuangan. 
Dalam keadaan tetap terbuka, siramlah dengan menggunakan air yang bersih supaya kerak menjadi rontok lalu terbawa keluar. Bila anda sudah yakin radiator sudah menjadi bersih, barulah isi kembali tabung radiator dengan menggunakan air yang bersih.
Yang perlu diperhatikan, jangan sering sering menggunakan cairan penguras karena sifatnya yang tinggi keasamannya.
Demikianlah tips merawat radiator mobil anda agar kerja radiator mrnjadi sempurna dan mobil anda tidak mengalami over heat lagi di kemudian hari.

No comments:

Post a Comment