Sunday, 20 May 2012

Tips Merawat Sepeda Motor


Sepeda motor harus dirawat secara rutin oleh pengendaranya agar usia sepeda motor menjadi awet.
Berikut ini merupakan tips merawat sepeda motor anda:

1. Cek kondisi oli mesin. Cepatlah anda ganti minyak pelumas bila sudah berwarna kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya sudah mulai berkurang.

2. Cek kondisi air aki. Periksa batas maksimum dan batas minimum air aki, jangan sampai melewati batasnya, karena bisa mempercepat kerusakan pada sel aki. 

3. Ganti aki apabila sudah lemah karena bila anda terus paksakan, maka kedua kutub negatif serta kutub positif akan mengeluarkan karat atau korosi yang bisa menjalar ke bagian kabel utama yang menghubungkan arus listrik ke saluran lampu, dinamo serta bagian lainnya.

4. Periksa kondisi rantai, jangan terlalu kencang ataupun terlalu kendor. Rantai yang terlalu kendor akan bisa membuat rantai motor menjadi lepas dari gear-nya. Bila rantai motor terlalu kencang maka dapat menyebabkan rantai motor rentan putus.

5. Periksa kondisi gear motor, jika gear motor telah tajam maka cepatlah anda ganti gear-nya agar rantai tidak menjadi tiba-tiba putus.

6. Jangan mengabaikan keadaan selang bensin motor menjadi keras atau terdapat retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa menjadi tidak elastis serta membuat serbuk kotoran yang bersumber dari selang terbawa ke karburator sehingga membuat munculnya penyumbatan suplai bensin dari tanki ke karburator , akibatnya menganggu sistem pembakaran.

7. Jangan lupa untuk selalu memanaskan mesin sebelum sepeda motor  anda jalankan selama kira-kira 2 menit dengan tujuan agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.

8. Tidak perlu terlalu lama memanaskan sepeda motor anda karena bisa membuat pipa knalpot sepeda motor anda menguning dan juga bensin anda menjadi terbuang sia-sia.

9.Selalu cek tekanan angin ban sepeda motor anda , atur tekanan angin ban dengan tepat yaitu tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu kurang karena bisa membuat ban sepeda motor anda bisa menjadi rusak.

10. Gunakanlah spare part sepeda motor yang asli bukan yang abal-abal sehingga mesin sepda motor anda menjadi lebih awet.  

No comments:

Post a Comment

Post a Comment