Wednesday 30 May 2012

Tips Merawat Pisau Dapur Anda


Pisau Dapur yang tajam sangat diperlukan apabila anda hendak menggunakannya saat hendak memotong bahan masakan saat anda di dapur. 
Namun, apabila penggunaannya serta perawatannya yang tidak benar, maka dapat menyebabkan pisau dapur anda menjadi cepat tumpul.

Berikut ini merupakan beberapa tips merawat pisau dapur anda:

1. Segera bersihkan pisau dapur  bila telah selesai anda pakai dengan memakai sabun serta air yang masih hangat agar bisa mengangkat secara efektif terhadap kotoran yang masih menempel pada pisau dapur. 
Lalu, segera keringkan pisau dapur anda supaya tidak gampang menjadi berkarat.

2.Lakukan secara rutin mengasah pisau dapur anda dengan tetap mengikuti sudut lekukannya. Bisa juga anda mencobanya dengan menggunakan cara yang lama , yakni dengan menggosokkan pisau dapur tersebut pada sebuah batu atau cobek batu secara berulang-ulang sampai dengan ujung pisau menjadi kembali tajam. 

Mengasah pisau dapur harus searah dengan dinding pisau sampai sudut ketajamannya menjadi landai. Semakin landai sudut pisau dapurnya, maka semakin tajam pula pisau dapur tersebut.

3. Saat ini terdapat beragam varian desain yang berbeda serta makin beragamnya jenis pisau dapur sesuai dengan kebutuhan memotongnya, maka pakailah pisau dapur sesuai dengan peruntukannya supaya umur pemakaiannya menjadi awet. 

Misalnya, pisau yang digunakan untuk memotong daging yang tidak tebal akan lebih cepat rusak keadaannya bila dipakai untuk memotong daging yang keras serta memotong bagian tulang hewan. 

Penggunaan pisau dapur sesuai dengan fungsinya akan dapat menjaga baut - baut pada pisau dapur supaya tetap dalam keadaan yang sempurna yang berdampak pada kenyamanan anda ketika memakai pisau dapur tersebut.

4. Taruh pisau dapur di tempat seperti di laci dengan memakai sarung khusus untuk pisau dapur. Bila tidak terdapat sarung khusus tersebut, anda bisa memakai kertas yang kaku serta keras agar bisa membungkusnya. 
Tujuannya agar bisa menghindari pisau dapur terbentur dengan benda lainnya yang bisa mengakibatkan munculnya kerusakan.

5. Jangan menaruh pisau dapur di dalam kotak yang terbuat dari kayu, karena kayu bisa menyerap air, yang akan mengakibatkan munculnya udara yang lembab serta bila kelamaan akan bisa membuat kondisi pisau dapur anda menjadi cepat rusak.

No comments:

Post a Comment