Tuesday 8 May 2012

Profil dan Biografi Grup Band Ungu


Ungu merupakan sebuah grup musik Indonesia yang terdiri dari Pasha (Vocal), Makki (Bass), Enda (Gitar), Oncy (Gitar), dan Rowman (Drum). Tercatat sampai dengan tahun 2007 , grup band  Ungu sudah  merilis sebanyak 4 buah album dan 2 buah album mini.

Grup band Ungu didirikan pada tahun 1996. Pencetus pembentuk grup band Ungu adalah Ekky (gitar) dan saat itu vokalis Ungu  adalah Michael, lalu drum dipegang oleh Pasha Van derr Krabb. Pada tahun 1997, ketika Ungu mau manggung, Pasha Van derr Krabb 'menghilang' dan posisinya lalu digantikan oleh Rowman. Enda yang sebelumnya adalah roadies-nya Ekky juga ikut masuk kedalam grup band Ungu.

Pada tahun 2000, Ungu mulai membuat album mereka yang pertama , yang kemudian  dirilis pada tanggal 6 Juli 2002 berjudul Laguku. Sebelumnya, Ungu pernah ikut mengisi 2 buah lagu di album kompilasi Klik bersama Lakuna, Borneo, Piknik serta  Energy.
Ke dua lagu tersebut berjudul "Hasrat" dan "Bunga". Single pertama album ini, "Bayang Semu" menjadi ost. sinetron ABG  yang ditayangkan di RCTI. Walau terbilang sukses, album ini baru mendapatkan penghargaan  Platinum Award setelah kurang lebih 2 tahun album ini dilempar ke pasar.

Ketika  akan masuk dapur rekaman untuk menggarap album kedua, Ekky keluar dari Ungu. Oncy yang ketika itu baru hengkang dari Funky Kopral kemudian ditunjuj untuk menggantikan Ekky. Album kedua Ungu Tempat Terindah dilempar ke pasar pada bulan Desember 2003. Album ini menampilkan hits andalannya yang berjudul  "Karena Dia Kamu" sebagai single pertama dan "Suara Hati" dipilih sebagai single kedua.

Baru empat bulan album tersebut dirilis, penjualannya sudah mencapai 80.000 (delapan puluh ribu) kopi. Jumlah yang cukup baik bila dibandingkan dengan album pertama yang 'baru' mendapatkan platinum (150.000 kopi) dalam waktu satu setengah tahun.

Di tahun 2005, grup band Ungu telah termasuk band yang dapat berkolaborasi dengan penyanyi Chrisye di album terbaru Chrisye, bertajuk "Senyawa".

Album Melayang kemudian dilempar ke pasar pada Desember 2005. Di albumnya yang ketiga dengan single "Demi Waktu", Ungu mendapatkan penghargaan berupa double platinum. Dengan hits lagu andalannya yang berjudul  Demi Waktu , membuat Ungu menjadi MTV Exclusive Artis di bulan Desember tahun 2005. Popularitas "Demi Waktu" merambah juga ke negeri tetangga, Malaysia. Tak tanggung - tanggung, empat  buah perusahaan label rekaman berebut untuk mendapatkan hak edar Ungu di Malaysia. SRC, perusahaan yang menaungi artis  Siti Nurhaliza , akhirnya menjadi pemenang.

Ungu merilis sebuah mini album untuk menyambut Ramadhan 1427 H berjudul SurgaMu yang dilempar ke pasar pada bulan September 2006. Dalam waktu sepuluh hari sejak diedarkannya mini album SurgaMu, telah terjual sebanyak 150 ribu keping.  Wakil Presiden Yusuf Kalla pun memberi penghargaan 'Inspiring' atas album religi SurgaMu. Sangat disayangkan, saat hendak menerima penghargaan di istana Wapres, Ungu yang memakai setelan jas yang dipadu celana jeans , tidak diperbolehkan masuk ke dalam istana, dengan alasan pakaian yang dikenakan band Ungu tidak cocok dengan protokoler istana.

Pada penghargaan MTV Indonesia di tahun 2006, Ungu mendapatkan  3 buah nominasi, yaitu Most Favorite Group/Band/Duo, Best Director "Demi Waktu" Abimael Gandy, serta Video of the Year "Demi Waktu".

Ungu dengan support "A Mild Live Productions" dan "Trinity Optima Productions" menerbitkan sebuah buku biografi. Buku yang diberi tajuk "A Mild Live Ungu Book Magazine" itu diterbitkan  pada Kamis, 10 Mei 2007, di Jakarta. Dicetak sebanyak 40 ribu eksemplar, buku tersebut berisi biografi masing-masing personil, diskografi Ungu, foto-foto, serta chord lagu-lagu Ungu.

Ungu juga  kerap  diikutsertakan dalam pembuatan album soundtrack. Ungu pernah membuat  lagu untuk film Buruan Cium Gue yang kemudian film-nya dilarang edar. Ungu pun membuat 3 buah lagu untuk film Coklat Stroberi yakni dua lagu baru, "Disini Untukmu" dan "Sahabatku", serta mengambil lagu "Berjanjilah" dari album ketiga mereka Melayang.

Pada acara "SCTV Music Awards 2007" di Balai Sidang Jakarta (JHCC), Ungu dianugerahi  4 buah penghargaan. Album SurgaMu yang diproduseri Trinity/Prosound membuat Ungu menjadi penerima penghargaan 'Album Religi', 'Lagu Paling Ngetop' dan 'Video Klip Paling Ngetop' untuk lagu "Andai Kutahu". Untuk album Melayang dengan lagu andalan "Tercipta Untukmu" memenangkan kategori 'Album Pop Rock Duo/Grup'.

Ungu kembali membuat album reguler keempatnya berjudul Untukmu Selamanya. Album ini diedarkan di empat negara secara bersamaan, yaitu 9 Agustus 2007 di Kuala Lumpur, Malaysia, 10 Agustus 2007 di Singapura, 12 Agustus 2007 Hongkong dan  15 Agustus 2007 di Jakarta, Indonesia. Lagu jagoan pada album keempatnya yakni: "Kekasih Gelapku", "Cinta dalam Hati", "Apalah Arti Cinta" dan "Ijinkan Aku".

Dalam rangka menyambut bulan puasa Ramadhan 1428 H, Ungu kembali menerbitkan  album religi lagi dalam bentuk mini album berjudul Para Pencari-Mu.
 Pada album ini Ungu berkerjasama dengan ustad Jeffry Al Buchori. Album ini hanya terdiri dari lima lagu, yaitu "Para PencariMu", "Sembah Sujudku", "Surga Hati", "Sesungguhnya", serta "Tuhanku". Sebelum mini album ini diterbitkan, tiga dari limabuah lagu telah terpilih sebagai soundtrack sinetron religi yang diputar selama Bulan Puasa.

Ungu kembali mendapatkan  penghargaan untuk kategori 'Band Ngetop' di acara SCTV Awards pada tahun 2007, yang diadakan di JCC Senayan Jakarta, Jumat, 24 Agusutus tahun 2007.
Pada acara itu, Ungu sukses mengalahkan  grup band lainnya, seperti Ada Band, Peterpan, Radja, serta pendatang baru yang tiba-tiba ngetop, Kangen Band. Di tahun 2007, Ungu dengan Samsons dan Naff, digelari 'The Rising Star' band oleh pembuat konser musik akbar Soundrenaline, A Mild Live Productions serta Deteksi Productions, juga oleh label rekaman terkenal  Musica Studio.

No comments:

Post a Comment