Monday 7 May 2012

Asal Usul Makaroni


Apa itu Makaroni? 
Makaroni merupakan pasta kering yang terbuat dari adonan gandum durum serta tidak mengandung telur. Bentuk Makaroni sangat unik dimana dipotong pendek-pendek serta memiliki rongga. Nama makaroni sebenarnya berasal dari bahasa Italia, yaitu "maccheroni".

 Namun seiring dengan berjalannya waktu, penggunaan kata maccheroni menjadi tidak populer lagi, lalu diganti dengan kata "rigatoni", atau "tortiglioni".

Menurut legenda, dulu makaroni dibawa ke negara Italia oleh penjelajah legendaris, Marco Polo. Penjelajah legendaris yang berasal dari daerah Venesia ini membawa makaroni dari negara Cina pada tahun 1292.
Namun menurut sumber lainnya, makaroni bukan berasal dari Cina dan tidak pula diperkenalkan oleh Marco Polo. Hal ini dikarenakan makaroni sudah dikenal dan digunakan seperti pasta lain pada umumnya sekitar satu abad sebelum Marco Polo hidup.

Pada tanggal bersejarah, yaitu 7 Mei tahun 1660, Makaroni kemudian dipatenkan oleh Isaack B Fubine yang berasal dari Savoy, di The Hague ( dewasa ini masuk teritori negara Belanda).

No comments:

Post a Comment