Wednesday, 16 May 2012

Tips Membersihkan Panci dan Wajan Anti lengket Teflon agar Awet



Panci serta wajan merupakan alat -alat masak yang banyak digunakan oleh orang-orang yang mempunyai hobi memasak.

Dewasa ini banyak sekali panci dan wajan yang dilapisi lapisan teflon anti lengket yang dapat membuat masakan anda menjadi cepat masak serta tidak menjadi rusak.

Namun,  dewasa ini banyak sekali orang-orang yang tidak mengetahui cara membersihkan wajan dan panci teflon yang dilapisi lapisan anti lengket, akibatnya proses pembersihannya dilakukan seperti pada panci biasa yang berakibat bersihnya tidak menjadi maksimal, bahkan anti lengketnya menjadi rusak atau hilang.

Berikut ini merupakan tips untuk mencuci panci dan wajan antilengket teflon agar menjadi awet untuk digunakan , yaitu:

1. Awalnya, bersihkan wajan atau panci antilengket anda dengan menggunakan air sabun. Gunakan sisi halus spons atau sabut untuk menggosoknya, namun lakukan secara pelan.

2. Tidak boleh menggosok panci atau wajan anti lengket teflon anda saat panci anda masih panas. Lebih baik diamkan panci atau wajan anti lengket anda yang masih panas beberapa saat sampai benar- benar dingin, lalu kemudian bisa dilakukan proses pencucian tahap 1.

3.Jangan merendam panci atau wajan anti lengket teflon anda terlalu lama di dalam air, hal ini hanya akan menyebabkan lapisan anti lengket teflon anda menjadi semakin cepat rusak.

4.Jangan menggunakan deterjen secara berlebihan karena akan membuat anti lengket teflon pada wajan anda akan menjadi cepat rusak. Pakailah deterjen secukupnya saja, dan kemudian bilas dengan air bersih lalu  keringkan segera.

5. Pakailah deterjen pencuci wajan , yang berbentuk cair ataupun krim, sebab deterjen tersebut mempunyai tekstur yang lebih lembut serta tidak bisa menggores permukaan panci atau wajan anti lengket.

6.Tidak boleh mencuci panci atau wajan anti lengket teflon anda dengan menggunakan abu gosok atau menggosoknya dengan kasar, apabila wajan anda terdapat kerak yang menempel. 
Hal ini penting untuk diingat agar lapisan anti lengket teflon anda tidak terkelupas yang berakibat dapat membahayakan kesehatan anda sendiri.

7. Saat anda menggunakan wajan atau panci anti lengket tefon untuk memasak, jangan gunakan spatula atau sutil yang terbuat dari besi, karena dapat membuat anti lengket teflon pada wajan atau panci  anda menjadi rusak serta tergores.

8.Saat anda menggunakan wajan atau panci anti lengket tefon untuk memasak, pastikan anda menggunakan api yang sedang atau kecil pada kompor anda, hal ini dimaksudkan karena teflon mempunyai sifat gampang menyebarkan panas secara merata. 
Bila anda lakukan, maka anda bisa menghemat penggunaan gas pada kompor serta membuat lapisan anti lengket teflon anda tetap awet.

No comments:

Post a Comment