Saturday 26 May 2012

Mari Kenali Karakteristik Ban Mobil Anda


Mengenali dan memahami karakteristik ban mobil sangat diperlukan agar perjalanan anda menggunakan mobil pribadi menjadi aman serta nyaman, karena ban mobil sebenarnya diciptakan dengan karakteristik tertentu dengan tujuan bisa menyesuaikan kondisi jalanan.

Berikut ini karakteristik ban mobil yang sebaiknya anda perlu ketahui:

1. Menurut kontruksinya, ban mobil dikelompokkan menjadi ban radial dan ban standar.

2.Apa yang dimaksud dengan ban standar?

Yang dimaksud dengan ban mobil standar adalah adalah ban mobil yang dibuat dengan lapisan benang yang membentuk sudut 30 - 40 derajat dari garis tengah ban mobil, dengan maksud supaya ban mobil bisa menahan beban dalam  kondisi melintang serta membentang.

Jika ban tengah mengusung beban vertikal, maka lapisan benang bisa melengkung. Alhasil, ban mobil standar memiliki kemampuan manuver yang kurang serta memiliki masa aus yang jauh lebih cepat.

3. Apa itu ban mobil radial?

Ban mobil radial dibikin dengan menggunakan bermacam-macam bahan baku , yaitu bahan kimia, 30 jenis karet, serta benang kawat. Semua bahan tersebut kemudian disatukan serta diolah , yang pada akhirnya menjadi bahan yang disebut compound. 
Adapun proses penyatuan campuran bahan tersebut memakai mesin blender berukuran sangat besar yang disebut sebagai mesin banburry, dengan tekanan serta suhu yang sangat tinggi dan dilakukan secara berulang-ulang.

4. Komposisi campuran antara karet sintetis serta karet alam , dibedakan menurut jenis ban mobilnya, yaitu:
-Untuk ban mobil penumpang 45-55%
-Untuk ban truk kecil 50-50%
-Untuk ban mobil balap 35-65%
-Untuk ban off road ( earthmover) 80-20%
 

No comments:

Post a Comment