Wednesday 23 May 2012

Sejarah Game Legendaris Pac Man


Game Pac Man merupakan salah satu game legendaris yang pernah dijadikan sebagai ikon budaya pop pada tahun 1980-an.

Game Pac Man diedarkan di Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 22 Mei 1980 melalui video game yang menggunakan alat koin untuk memainkannya atau yang lebih dikenal sebagai arcade game atau mesin dindong.

Awalnya game ini dinamakan dengan game ' Puck - Man', dengan game play yang menunjukkan kesederhanaan yang kompleks dimana tokoh Puck-Man digambarkan berupa makhluk berbentuk bulat berwarna kuning dengan mulut yang terbuka lebar yang siap memakan apa saja yang berada di depannya.

 Pemain menyetir tokoh Puck-Man dimana tugasnya memakan titik-titik di stage sampai dengan habis, namun tantangannya harus menghindari hantu yang siap menangkap Puck man, apabila tertangkap maka permainan selesai atau game over.

Awalnya, game Pac Man tidak sukses ketika diluncurkan di Jepang, tetapi ketika game Pac Man diterbitkan di negara Paman Sam, Amerika Serikat, game Pac Man ini berhasil mencuri perhatian dan sukses berat.

Game Pac Man masih populer dan masih laku dijual selama 30 tahun sesudah peluncuran awalnya serta dinobatkan menjadi salah satu game paling populer sepanjang masa.

Karena kesuksesan Pac Man, pengembang game-nya mencoba peruntungan dengan menciptakan game lain berjudul Ms.Pac Man.

Saat ini, Pac Man menjadi salah satu dari 3 video game yang dipamerkan di museum paling terkenal "Smithsonian" yang berada di Washington DC, negara Amerika Serikat.

No comments:

Post a Comment