Saturday 28 July 2012

Apa itu Garis Wallace?




Garis Wallace merupakan garis maya yang dibuat oleh Alfred Russel Wallace, yang dibuatnya untuk memisahkan antara flora dan fauna di Indonesia bagian timur yang ada di Lempeng Australia dan Indonesia bagian barat yang berada di Lempeng Eurasia. 

Garis Wallace ini terentang sepanjang Selat Makassar serta memanjang ke Selat Lombok.

Garis Wallace ini tidak hanya mengisahkan jalan flora serta fauna antar lempeng yang terpisah laut dalm, tetapi juga perbedaan karakteristik manusia yang bisa diamati. 

Wallace mengkategorikan manusia di Indonesia Barat ke ras Melayu serta untuk manusia di Indonesia bagian Timur dikelompokkan sebagai ras Papua.

Menurut Wallace, di Maluku lah kedua ras tersebut bertemu. Wallace mengatakan penduduk di pulau Obi, Bacan, serta Halmahera sebagai campuran antara ras Melayu serta Papua. 

Campuran inilah yang dibuktikan secara genetik di tahun 2011 oleh beberapa orang pakar genetika Indonesia, Selandia Baru, serta Amerika Serikat dalam "Genetic Continuity Across a Deeply Divergent Linguistic Contact Zone in North Maluku, Indonesia".

Saat ini, dunia ilmu pengetahuan telah mengakui Wallace sebagai salah satu penemu teori evolusi bersama - sama dengan Darwin. 

Padahal sebelumnya, hanya Darwin yang menikmati kepopulerannya sebagai satu-satunya penemu teori evolusi. 

No comments:

Post a Comment