Saturday 28 July 2012

Tips Bersepeda yang Aman di Musim Hujan



Berikut ini merupakan beberapa tips agar aman bersepeda di musim hujan ,  yaitu:

1. Persiapkan jas hujan yang khusus untuk anda bersepeda, dimana jas hujan tersebut haruslah simpel serta fit saat dikenakan ke badan kita sehingga tidak mengganggu gerakan serta memakan tempat saat disimpan dan digunakan saat hujan.

2. Siapkan pelindung air ( bag cover yang bersifat waterproof ) untuk melindungi tas ataupun perbekalan kita saat mengendarai sepeda di cuaca sedang hujan. 
Anda bisa juga memakai plastik untuk membungkus tas supaya air hujan tidak mengenai tas yang anda pakai saat bersepeda.

3. Jangan lupa untuk memberi pelumas secukupnya di bagian rantai serta bagian yang gampang berkarat . Jangan lupa untuk melakukannya secara rutin apabila anda menggunakan sepeda tersebut saat menembus hujan lebat.
 Sepeda juga mesti secepatnya dibersihkan dari air yang menempel akibat kehujanan, bisa juga anda keringkan dengan menggunakan lap kering.

4. Bila perlu, pakailah penutup helm ( helm cover ) agar air hujan tidak langsung menimpa kepala anda sehingga kebasahan saat kehujanan.

5.  Anda perlu hati-hati saat melewati jalanan yang penuh dengan genangan air sebab bisa jadi di bawah genangan air tersebut ada lubang yang tidak bisa kelihatan mata.

6. Anda perlu hati-hati ketika menghadapi banjir sebab sepeda tidak dibuat untuk menerobos genangan banjir.

7. Gunakan lampu depan dan lampu belakang untuk memberi informasi tentang keberadaan kita di jalan sebab kondisi jarak pandang yang minim dalam keadaan kehujanan.

8. Segera mencari tempat berlindung yang aman saat anda menerobos hujan yang disertai dengan angin yang kencang, sebab sepeda yang anda kendarai itu lebih ringan jika dibandingkan dengan kendaraan lainnya, akibatnya bila diterpa oleh angin yang sangat kencang dapat menyebabkan sepeda yang anda kendarai bisa oleng.

9.Bila anda bersepeda di tempat terbuka dimana menerobos hujan yang disertai petir, anda patut hati-hati, namun jangan pula berteduh di bawah pohon, tiang, shelter atau pun di rumah yang terpencil di ruang terbuka.

No comments:

Post a Comment