Saturday 14 July 2012

Tips Menghindari Obesitas pada Anak Kecil




Kegemukan atau obesitas pada anak kecil dapat menyebabkan anak kecil rentan terkena penyakit. Berikut ini beberapa tips untuk menghindari obesitas pada anak kecil, yaitu:

1. Ajak anak buah hati anda untuk terlibat saat anda memilihkan bahan makanan ketika berbelanja di pasar ataupun supermarket. Pinta anak anda untuk dapat memilih sendiri berbagai macam buah amupun sayuran sebagai bahan dasar untuk masakan , juga camilan ataupun snack yang rendah lemak

2. Jangan memilih makanan yang banyak mengandung pemanis serta jangan lupa untuk selalu cermat untuk memastikan kandungan nutrisi yang tercantum di kemasan snack ataupun camilan tersebut.

2. Luangkan waktu bagi anda sendiri untuk dapat bersantap bersama dengan anak anda di meja makan tiap hari. 
Hal ini dimaksudkan agar sang buah hati anda bisa berbagi cerita mengenai pengalaman mengenai hari tersebut, berbagi info terbaru serta anda bisa bertanya kepada sang buah hati mengenai apa yang telah dialami di sekolah hari tersebut ataupun kejadian di rumah.

 Tujuan makan bersama ini selain dapat membikin suasana keluarga anda menjadi makin komunikatif serta semakin hangat, tujuan lainnya yang tidak kalah penting adalah: 

Makan bersama dapat membantu buah anda agar dapat makan menjadi lebih cepat serta menjadi lebih kenyang, sebab anak fokus kepada bincang- bincang tersebut.

3. Ketika mesti makan keluar bersama yaitu ke restoran siap saji, maka ada baiknya anda yang mengambil alih dalam menetapkan menu makanan apa saja yang tepat untu buah hati anda yang sudah mengalami obesitas.

4. Luangkan waktu anda dalam seminggu untuk berolahraga bersama dengan si kecil, guna membantu meningkatkan aktivitas fisik anak anda.

5. Anda harus membatasi aktivitas menonton siaran televisi bagi si kecil maksimal 2 jam sehari untuk hari Senin sampai dengan hari Jumat .

6. Anda harus memberikan kesempatan bagi buah hati anda untuk memilih sendiri kegiatan diluar rumah anda ataupun melakukan kegiatan olahraga bersama teman-temannya di luar rumah anda.

No comments:

Post a Comment