Monday, 16 July 2012

Tips Aman Naik Pesawat Terbang Bersama Si Kecil Buah Hati atau Bayi Anda



Berikut ini merupakan beberapa tips membawa anak kecil buah hati atau bayi anda saat berumur usia 0 sampai dengan 1 tahun, agar dapat naik pesawat terbang dengan aman, yaitu:

1. Berapa sih umur minimal yang cukup aman bagi anak atau bayi  untuk naik pesawat terbang? jawabannya adalah umur 3 bulan merupakan umur usia yang aman untuk berpergian dengan naik pesawat terbang , hal ini disebabkan fisiologi pertumbuhan serta perkembangan bayi sudah maksimal.

2. Bila anda belum cukup yakin dengan kondisi fisik si kecil, anda dapat memeriksakan fisiknya ke dokter 2-3 hari sebelum keberangkatan. Mintalah surat keterangan kesehatan sehat serta surat rekomendasi dari dokter yang menunjukkan bahwa si kecil sangat layak untuk berpergian dengan menggunakan pesawat terbang.

3. Bawa tas ransel untuk dikabin, kepaklah semua bawaan dan keperluan sepraktis mungkin. Membawa begitu banyak barang akan dapat merepotkan anda sendiri juga orang di sekitar anda.

4. Pastikan anda membawa baju ganti si kecil, lampin buang pakai, tisu basah, selimut, serta makanan ke dalam tas perlengkapan bayi, untuk berjaga-jaga seandainya penerbangan mengalami penundaan jam terbang.

5.Ketika anda sudah sampai di bandara, ajaklah bayi anda  bermain - main  supaya si kecil tersebut merasa lelah sehingga di pesawat ia akan tertidur pulas.

6.Pilihlah ruang tunggu pesawat yang bebas asap rokok untuk kesehatan si kecil.

7. Check- in dilakukan lebih dini agar anda memperoleh tempat duduk yang ideal.

8. Jangan biarkan si kecil terkena hembusan AC langsung ke badannya. Gunakan jaket , sweater, kaos kaki, sarung tangan serta topi pada bayi   sebab suhu di kabin biasanya dingin. Jangan sungkan untuk meminta selimut atau pun bantal tambahan jika diperlukan.

9. Gendonglah bayi anda serta pakaikan pelindung telinga saat peswat take off ataupun landing.

10. Jika anda hendak membawa makanan ringan, pastikan tidak lengket di tangan. Jangan pula anda membawa minuman dalam kemasan karton sebab dapat menyemprot ke mana - mana serta tak dapat ditutup kembali jika telah dibuka oleh anda.

11. Beri bayi anda cukup minuman agar tidak kena dehidrasi dan dapat membantu mengatasi resiko sang bayi rewel di atas pesawat terbang.

12. Bila ternyata sang bayi tetap rewel di atas pesawat terbang, maka gendong sang bayi posisi berdiri menghadap belakang.

13. Bila sudah sampai pada tujuan, ada baiknya anda jangan terburu-buru ingin keluar dari pesawat terbang. Biarkan penumpang lain keluar lebih dahulu sehingga anda serta bayi tak perlu keluar berdesak-desakan. 

No comments:

Post a Comment

Post a Comment