Tuesday 24 July 2012

Resensi Film Batman Terbaru di Tahun 2012 " The Dark Knight Rises"



Trilogi terakhir serial Batman garapan sutradara Christopher Nolan ini dengan judul   "The Dark Knight Rises" memang telah ditunggu- tunggu oleh para penggemarnya, walau diwarnai oleh insiden tragedi penembakan yang dilakukan James E Holmes di bioskop di Colorado, Amerika Serikat, yang telah menyebabkan jatuhnya korban jiwa 12 orang meninggal dunia.

Kali ini, skenario film  "The Dark Knight Rises" ditulis oleh Nolan bersaudara , yaitu Christopher Nolan serta Jonathan Nolan. 

Film  "The Dark Knight Rises"  ini berdurasi sepanjang 2 jam 44 menit.

 Film dibuka dengan adegan dimana foto mendiang Harvey Dent , seorang jaksa hebat yang kemudian beubah menjadi jahat menjadi Two Face, dipajang dengan pencitraan yang hebat, dianggap pahlawan sehubungan apa yang ia lakukan di film sekuel sebelumnya,  serta sang batman yang dicap penduduk kota Gotham sebagai penjahat . 

Kebenaran bahwa sang Batman lah yang merupakan pahlawan yang menyelamatkan penduduk Gotham dari Joker serta Harvey Dent yang jahat akibat berubah menjadi Two  Face, hanya diketahui oleh Komisaris Polisi Gordon ( Gary Oldman ) dan ditutup rapat-rapat.

Dikisahkan, Bruce Wayne menyendiri selama 8 tahun akibat peristiwa yang merenggut nyawa kekasihnya, Rachel. Bruce Wayne merasa kehilangan serta merasa tidak bergairah untuk menjalankan hidupnya. Padahal, Bruce tidak mengetahui, bahwa saat itu, Rahchel sebelum tewas, telah memilih bahwa Harvey Dent lah yang sangat ia cintai, bukan Bruce. 

Harapan hidup dan gairahnya untuk menjalani peran sebagai Batman kembali muncul setelah Cat Woman muncul menyamar sebagai pelayan di pesta rumahnya dan menyusup masuk hendak mencuri kalung mutiara di brankas milik Bruce dan ketahuan oleh Bruce, namun Cat Woman berhasil melarikan diri.

Cerita kemudian berubah saat tokoh antagonis Bane ( Tom Hardy ), muncul menebarkan teror kepada penduduk Gotham, dengan melakukan pendudukan secara brutal di pasar saham kota Gotham, lalu memberikan shock terapi dengan meledakkan lapangan bola Rugby dan mengancam penduduk kota Gotham dengan ancaman akan meledakkan bom nuklir berdaya peledak sangat tinggi.

Dalam film  "The Dark Knight Rises" , ini diperkenalkan tokoh baru yaitu Cat Woman yang diperankan oleh Anne Hathaway , tokoh Miranda Tate yang diperankan secara anggun oleh Marion Cotillard serta tokoh seorang polisi muda yang masih emosional dan idealis bernama Blake ( Joseph Gordon-Levitt ). 

Sangat disayangkan, menurut saya , Tom Hardy sangat gagal memerankan tokoh antagonis " Bane " , minimal mengimbangi kemampuan akting yang memukau dari Heath Ledger yang memerankan tokoh Joker secara sempurna. 

Bayangkan, dengan senyuman saja, sang Joker mampu membuat penontonnya merasa Joker itu sangatlah jahat sekali. Disini, tokoh Bane hanya tampak seperti robot, tanpa memiliki ekspresi yang kuat bahwa ia merupakan tokoh jahatnya . Wajah Bane tambah terlihat datar dengan adanya helm besi penutup wajah dan hidung.

Untungnya , akting Christian Bale mampu menyelamatkan film  "The Dark Knight Rises" . Akting Christian Bale sangat total dimana ia mampu memiliki wajah yang samat tirus saat adegan sang Batman sedang patah hati selama 8 tahun, serta sangat mampu melakukan ekplorasi emosi yang mendalam dalam konflik antara Bruce Wayne dengan pelayan setianya, Alfred ( Michael Caine).

Di akhir cerita, seolah pihak Warner Bross seakan belum rela kehilangan selamanya film Batman ini, maka diceritakan perihal asal muasal munculnya tokoh pahlawan baru kota Gotham , bernama Robin , kelak yang akan meneruskan perjuangan Batman, sang pahlawan Gotham City.

No comments:

Post a Comment