Sunday 15 July 2012

Apa saja Tempat Lokasi Daerah Wisata di Kota Semarang?



Berikut ini merupakan tempat lokasi daerah wisata di kota Semarang yang dijuluki "the Little Holland" yang wajib dikunjungi saat anda sedang pergi berlibur yaitu:

1. Kelenteng Sam Poo Kong.

kelenteng Sam Poo Kong merupakan sebuah bangunan yang dipakai untuk beribadah. Kelenteng ini juga disebut dengan Gedong Batu, mengapa kelenteng sam Poo Kong disebut sebagai Gedong batu? 

Karena dulu diyakini sebagai gua batu besar yang terdapat di sebuah bukit batu. Selain disebut sebagai Gedong Batu , kelenteng Sam Poo Kong disebut sebagai Kedong Batu karena bermula dari tumpukan batu alam yang dipakai untuk membendung aliran sungai.

 Bangunan utamanya berupa Kelenteng Besar serta Gua Sam Poo Kong, Kelenteng Tho Tee Kong, yang terdiri dari tempat pemujaan, yaitu Kyai Juru Mudi, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi, serta Mbah Kyai Tumpeng. Gua yang didalamnya ada mata air sangat dipercaya dulunya digunakan sebagai lokasi petilasan Sam Po Tay Djien pada zaman dahulu kala.

2. Gereja Blenduk.

Sejarah Gereja Blenduk dibangun awalnya pada tahun 1753 dengan ciri khas atap yang unik berbentuk seperti kubah besar yang kemudian hari kubah itu dipanggil masyarakat Semarang dengan panggilan "Blenduk". Sampai dengan sekarang, Gereja Blenduk dipakai oleh umat GPIB Kristen Protestan untuk beribadah tiap hari Minggu.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu merupakan bangunan kuno yang memiliki arti "Pintu Seribu", karena dikenal mempunyai banyak sekali pintu serta lorong - lorong yang gelap. Disamping itu, banyak cerita mistis yang tersimpan didalamnya membuat rasa penasaran banyak orang untuk berkunjung ke Lawang Sewu yang dahulu pernah dipakai sebagai kantor Perusahaan umum kereta api ini.

No comments:

Post a Comment