Thursday 5 July 2012

Saat ini Tidak Ada Rencana Penambahan Kereta Api untuk Angkutan Mudik Lebaran 2012



PT Kereta Api Indonesia ( KAI ) Daerah Operasi I mengatakan bahwa untuk saat ini belum ada rencana penambahan jumlah kereta api untuk mengangkut penumpang yang mudik untuk Lebaran Tahun 2012 ini. 

Pihak Kereta Api Indonesia mengakui bahwa yang berangkat pagi serta penambahan 10 perjalanan kereta api saat musim Lebaran tahun 2012 ini sudah dirasakan maksimal. Kemampuan PT kereta Api Indonesia sudah terbatas sehingga tambahan 10 perjalanan telah sesuai dengan kemampuan PT KAI.

Per 15 Juli 2012, dilaporkan bahwa antrian masyarakat sudah memadati loket penjualan tiket untuk memesan tiket mudik serta arus balik Lebaran 2012. Dilaporkan bahwa beberapa tiket kereta api untuk arus balik Tegal ke Jakarta telah habis terjual.

Untuk Kereta Api Cirebon Ekspres jurusan Tegal Jakarta serta untuk tiket arus balik pada tanggal 22, 25, 26 serta 27 Agustus telah habis terjual.

Tingginya minat masyarakat untuk tetap menggunakan jasa kereta api untuk mudik sewaktu Liburan Lebaran tahun 2012 disebabkan oleh 2 hal, yaitu:

1. Kereta Api masih dipandang sebagai mida transportasi yang murah serta cepat, bebas dari macet di jalan raya.

2. Harga tiket kereta api terutama kelas Ekonomi masih dirasakan terjangkau oleh sebagian besar masyarakat. Sebagai perbandingan, untuk harga tiket kereta api kelas ekonomi jurusan Jakarta ke Surabaya hanya sebesar Rp. 43.000 per orang. Bandingkan dengan menggunakan jasa moda bus dimana harga tiketnya bisa mencapai Rp.200.000 per orang.

No comments:

Post a Comment