Sunday 29 July 2012

Apa Sih Manfaat Wudu bagi Kesehatan Manusia?



Wudu merupakan kegiatan yang dilakukan sebelum melaksanakan shalat. Berikut ini merupakan manfaat wudu yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia, yaitu:

1. Saat anda berwudu, ada 5 bagian tubuh anda yang dibasuh, yaitu: wajah, tangan, kepala, telinga, serta kaki. Bagian-bagian tubuh tersebut yang diusap saat anda berwudu ternyata sama dengan titik-titik reseptor pada akupuntur.

Akupuntur merupakan suatu teknik memasukkan serta memanipulasi jarum ke dalam titik akupuntur badan manusia, tujuannya tak lain adalah untuk membantu memulihkan kesehatan serta kebugaran tubuh serta mampu mengobati rasa sakit.

Titik reseptor dalam akupuntur ada di wajah sebanyak 84, di tangan ada 95, di kepala ada 64, di telinga ada 125 serta di kaki ada 125. 

Bila anda kalkulasi, maka terdapat 493 titik reseptor akupuntur yang anda sentuh saat anda berwudu. Bila kita rajin berwudu lima kali dalam sehari sebelum shalat, bisa dibayangkan alangkah sehatnya tubuh kita.

2. Dari sisi medis, saat anda berwudu, maka kulit anda merupakan bagian yang paling sering terkena basuhan air. 

Kulit sangat besar peranannya bagi manusia karena kulit lah yang melindungi berbagai bahaya seperti serangan kuman serta racun. Oleh sebab itu kulit haruslah steril dari kuman. 

Perlu diketahui, ahli bedah sebelum melakukan operasi sangat diharuskan untuk membasuh kedua tangannya dengan tujuan sebagai bagian proses sterilisasi dari kuman penyakit. 

Padahal cara ini baru dikenal di abad kedua puluh, juga negara Jepang butuh waktu 100 tahun untuk membiasakan mencuci tangannya supaya bersih dari kuman.

3. Aktivitas berkumur saat wudu berfungsi menjaga serta membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan dan menguatkan sebagian otot-otot wajah serta menjaga kesegarannya.

No comments:

Post a Comment