Sunday 15 July 2012

Apa Manfaat Khasiat Bunga Rosela bagi Kesehatan Tubuh Manusia?



Manfaat bunga Rosela ternyata sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Ekstrak pada kelopak bunga Rosela ( Hibiscus sabdariffa L ) ternyata bisa menghambat tumbuh kembangnya bakteri yang dapat memicu pembentukan plak serta pemicu muncuknya radang gusi ( gingivitis ), yang bernama bakteri Streptococcus sanguinis.

Bahkan manfaat khasiat bunga Rosela tidak kalah dengan obat kumur standar bagi gusi manusia yaitu klorheksidin.

Hebatnya, manfaat khasiat bunga Rosela bagi radang gusi tidak menimbulkan efek samping yang membahayakan bila dibandingkan dengan klorheksidin.

Klorheksidin bisa mengakibatkan efek samping seperti dapat menghitamkan gigi dan lidah, serta dapat beresiko menimbulkan iritasi sebab mengandung alkohol.

Mulut bisa menjadi pintu gerbang untuk masuknya virus ataupun bakteri. Dengan mengurangi bakteri Streptococcus sanguinis, maka plak di dalam rongga mulut manusia bisa berkurang serta jumlah bakteri patogen bisa berkurang , malahan tak ada perlekatan sama sekali.

Pembersihan rongga mulut secara teratur bisa menghindarkan manusia dari penyakit sistemik , misalnya stroke, diabetes serta penyakit jantung. kesehatan rongga mulut sangat berhubungan dengan kesehatan badan manusia, karena virus bakteri sangat banyak masuk ke tubuh lewat mulut. Penyakit gusi pada ibu hamil bahkan bisa menyebabkan bayi dapat lahir secara prematur.

Walaupun manfaat kelopak bunga Rosela sudah dibuktikan secara ilmiah oleh dokter gigi spesialis periodontik, Trijani Suwandi, namun masih perlu diadakan pengujian secara klinis fitofarmaka agar bunga Rosela ini dapat menjadi obat herbal standar supaya bisa setara dengan obat modern yang ada.

Rebusan kelopak bunga Rosela bisa dijadikan sebagai obat kumur. Direncanakan, dua sampai dengan tiga tahun kedepan, maka bisa tercapai suatu obat herbal standar dengan berbahan dasar ekstrak kelopak bunga Rosela.

Diharapkan, pemakaian obat tradisional dengan memanfaatkan ekstrak bunga Rosela untuk kesehatan tubuh manusia, dapat memihak masyarakat kecil.

No comments:

Post a Comment