Monday 16 July 2012

Profil Regina Ivanova Polapa, Juara Indonesian Idol Season 7 Tahun 2012



Regina Ivanova Polapa terpilih sebagai juara Indonesian idol 2012 setelah berhasil mengalahkan saingan utamanya Sean. Dengan demikian ia berhak menyanyikan lagu ciptaan Ahmad Dhani yang berjudul " Kemenangan".

Seudah 7 kali Indonesian idol diadakan dimana Regina selalu rajin mengikuti audisi demi audisi di tiap seasonnya sejak pertama kali acara Indonesian Idol diadakan pada tahun 2004. Enam kali Indonesian Idol diadakan, enam kali pula Regina terpaksa menelan pil pahit berupa kegagalan di tahap audisi. Baru di tahun 2012, Regina berhasil lolos audisi dan juga berhasil melaju ke babak Spektakuler bahkan meraih kemenangan menjadi juara Indonesian idol 2012 di babak Grand Final.

Sebenarnya, kegagalan berulang yang dialami Regina selama mengikuti ajang Indonesian Idol bukanlah tragedi yang paling menyakitkan, namun kematian ayahandanya , Ismeth Yusuf Palopa saat Regina berusia 10 tahun lah yang sangat menyedihkan hatinya. 

Ayahandanya meninggak akibat kecelakaan lalu lintas serta membuat ibundanya serta dirinya terluka, bahkan akibat kecelakaan tersebut ,Regina menjadi banyak kehilangan darah. Akibatnya Regina memerlukan transfusi darah yang membuatnya sejak saat itu tubuhnya bertambah menjadi gemuk.

Si sulung dari 3 bersaudara ini kemudian menjadi tulang punggung keluarganya. Regina memutuskan untuk tidak kuliah. Lulus dari SMA pada tahun 2003, Regina mulai bernyanyi dari kafe ke kafe pada malam hari serta berkerja di perusahaan broker properti di pagi harinya. Banyak orang kemudian mencibir Regina yang sering pulang pagi akibat bernyanyi di kafe, namun Regina dengan tegas mengatakan dirinya wanita baik - baik, bukan perokok maupun peminum, disitu ia hanya menjual suaranya, bukan menjual tubuhnya.

Sembilan tahun bernyanyi di kafe, mulai dari kafe ecek - ecek sampai dengan kafe bintang lima , membuat dirinya ditempa dengan berbagai macam pengalaman serta bertemu dengan bermacam karakter orang.  Saat itulah ia memutuskan untuk berani memberikan sesuatu yang beda dalam setiap penampilannya, tidak mau hanya dijadikan sekadar pelengkap semata di kafe.

Regina selalu berupaya mencari "jiwa" pada lagu-lagu yang ia nyanyikan, berusaha melakukan penghayatan pada setiap lagu yang ia nyanyikan. Regina tidak pernah secara formal belajar mengikuti sekolah menyanyi. Regina hanya belajar secara otodidak dalam komunitas band.

Lalu dengan segudang talenta menyanyi tersebut, kenapa Regina terus gagal di audisi selama enam kali di ajang Indonesia Idol? Menurut Regina, pada saat audisi Indonesia Idol 2004, ia gagal karena tidak siap mental. 
 Kegagalan di audisi tahun 2005 lebih disebabkan Regina salah pilih lagu dimana lagu yang ia nyanyikan menuntut kapasitas menyanyi jauh diatas kemampuannya saat itu. Sempat Regina putus asa untuk ikut lagi audisi Indonesian Idol, namun setiap kali melihat iklan ajang tersebut, ia selalu tergerak untuk mendaftar, mungkin itu yang ia sebut sebagai panggilan jiwa.

 Padahal orang disekitar Regina , bahkan mamanya sendiri sudah malas untuk mendukung Regina akibat seringnya ia gagal. Namun kegigihan Regina membuat dirinya tampil sebagai juara Indonesian Idol tahun 2012.

Adapun penyanyi Adele ,penyanyi Inggris yang berhasil meraih 6 penghargaan Grammy, yang menjadi inspirasinya dalam menyanyi, karena Adele sangat nyaman bernyanyi dengan tampilan fisiknya. Sekarang Regina memutuskan untuk meretas kariernya di dunia menyanyi, Regina akan bermimpi terus setinggi langit membiru....

No comments:

Post a Comment