Saturday 28 July 2012

Apa saja Manfaat Kunyit serta Kurkumin bagi kesehatan Manusia?


 Berikut ini merupakan beberapa manfaat Kunyit serta Kurkumin bagi kesehatan manusia, yaitu:

1. Kunyit merupakan tanaman yang dipakai sebagai rempah-rempah dalam beraneka ragam masakan di benua Asia. Sepanjang kurang lebih 4000 tahun, kunyit digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa macam keluhan serta penyakit.

2. Kunyit mengandung bahan aktif seperti Kurkumin yang mempunyai khasiat untuk mengurangi peradangan.

3. Kurkumin bermanfaat untuk menstimulasi kantung empedu agar bisa memproduksi empedu yang bisa membantu proses pencernaan manusia.

4. Kunyit juga bermanfaat untuk membantu melawan terjadinya radikal bebas yang bisa merusak membran sel, karena kunyit memiliki efek antioksidan.

5.Kunyit berkhasiat untuk mengurangi sekresi asam lambung serta membantu meningkatkan produksi mukus, akibatnya bisa melapisi dinding lambung serta menghindarkannya dari luka oleh sebab asam lambung. Mukus itu juga bisa bermanfaat untuk menolong proses penyembuhan luka pada lambung manusia.

6.Kunyit memiliki efek antiradang yang bisa menolong mengurangi peradangan di saluran pencernaan manusia.

7. Kunyit dijadikan sebagai alternatif terapi sebab kandungan kurkumin - nya yang dapat berakumulasi pada usus, usus besar serta hati manusia. Terapi ini digunakan untuk mengobati gangguan pencernaan , contohnya Maag, IBS ( Irritable Bowel Syndrome ), kolitis, dan infeksi bakteri serta parasit tertentu lainnya.

8. Ekstrak kunyit mempunyai manfaat untuk mengurangi gejala maag dalam waktu 1-2 minggu dan bisa menolong pasien agar bisa menikmati kembali makanan sehari-harinya tanpa keluhan nyeri.

9.Ekstrak kunyit bisa menghambat H2 histamine receptor, sebuah aktivitas yang sama dengan efek obat farmasi.

10. Peneliti yang berasal dari India, memperlihatkan bahwa ekstrak kunyit bisa dengan efektif membunuh bakteri Helicobacter pylori ( H pylori ).

No comments:

Post a Comment