Thursday 26 July 2012

Tips Supaya Tetap Sehat dan Bugar Saat Berpuasa di Bulan Puasa Ramadhan


Berikut ini beberapa tips untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat dan tetap bugar saat menjalani ibadah puasa di bulan puasa Ramadhan, yaitu:

1. Jangan lupa untuk makan saat Sahur dan Segeralah untuk berbuka saat adzan magrib tiba, karena tubuh manusia mepunyai batas maksimum untuk menahan rasa lapar maupun rasa haus.Makan saat sahur sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh saat siang hari. 
Saat jam untuk berbuka, jangan  menunda untuk berbuka, segeralah untuk berbuka agar menghindari resiko meningkatnya asam lambung. 

2. Banyaklah makan buah-buahan maupun sayur mayur karena makanan yang mengandung serat sangat gampang dicerna oleh tubuh serta dapat membuat efek terasa kenyang lebih lama ketika anda berpuasa sebab gula dalam serat tidak gampang terurai.

3. Makan buah kurma dan minumlah air putih saat anda berbuka puasa sebab buah kurma mempunyai kandungan nilai gizi yang hampir lengkap serta mempunyai komposisi yang seimbang. 
Buah kurma kaya akan serat yang dapat mengikat kolesterol serta asam lambung. Air putih sangat membantu dalam proses pelarutan racun dan proses pengeluaran racun dari dalam tubuh melalui air kencing.

4. Jangan mengkonsumsi minuman kopi serta minuman yang berasa manis. Kopi dapat merangsang tubuh kita kita untuk sering pipis yang akibatnya kandungan air di dalam tubuh kita menjadi sangat berkurang sehingga tubuh kekurangan cairan dan menjadi lemas. 
Minuman yang berasa manis akan dicerna lebih cepar sehingga tubuh menjadi cepat lapar.

5. Jangan tidur setelah sahur, karena menyebabkan perut menjadi kembung sebab asam lambung menjadi meningkat di dalam tubuh.
 Setelah anda makan sahur, tubuh segera melakukan proses mencerna makanan. Proses ini akan menjadi sangat berat apabila terjadi saat anda memutuskan untuk tidur setelah sahur. Tunggulah 2-3 jam setelah anda makan sahur, apabila anda ingin tidur lagi.

6.Lakukan olahraga yang ringan namun rutin , misal jalan kaki selama setengah jam atau naik sepeda keliling kompleks perumahan anda, karena setelah anda sahur, tubuh akan menghasilkan energi yang maksimun apabila tubuh kita dilatih untuk melakukan olahraga.

No comments:

Post a Comment