Sunday 8 July 2012

Apa itu Teknologi Garis Gawang dan Sepakbola Akan Menerapkan Teknologi Garis Gawang di piala Dunia 2014 Brasil



Akhirnya FIFA menyetujui untuk menggunakan teknologi garis gawang ( goal line technology ) yang telah disepakati di pertemuan Dewan Asosiasi Sepakbola Internasional ( IFAB )di markas FIFA di Zurich pada tanggal 5 Juli 2012.

Presiden FIFA , Joseph S Blatter mengatakan keputusan tersebut sangat penting oleh sebab tujuan dari sepakbola yaitu membuat gol ke gawang musuh.

Menurutnya teknologi garis gawang sangat penting untuk diterapkan , karena:

1. Teknologi garis gawang akan sangat membantu kinerja sang wasit pertandingan untuk memutuskan terjadinya sebuah gol atau tidak.

2. Teknologi garis gawang dipicu oleh adanya laga pertandingan laga Piala Eropa 2012 saat Inggris melawan tuan rumah Ukraina saat penyisihan di Grup D dimana tembakan pemain Ukraina , Marco Devic ke gawang Inggris yang dijaga oleh Joe Hart tidak diputuskan sebagai sebuah Gol oleh wasit walaupun bek John Terry mementahkannya dari dalam gawang serta terdapat seorang wasit yang berdiri tidak jauh dari gawang Inggris.

3. Teknologi garis gawang sangat penting diterapkan apabila daat memasuki persaingan dalam tingkat tinggi dan pada saat pertandingan memasuki babak yang sangat krusial atau sangat menentukan.

Lalu apa sebenarnya yang dimaksud dengan Teknologi Garis Gawang itu?

Apa itu teknologi garis gawang? saat ini baru ada 2 teknologi yang disetujui untuk digunakan yaitu hawk-eye serta Goalref.

1.  Teknologi Goalref yaitu suatu sensor medan magnet yang diletakkan di sekitar wilayah gawang. Saat gawang , yang sudah ditanami sensor khusus melewati garis gawang, perubahan medan magnet itu disalurkan ke pusat data serta kemudian dilanjutkan ke sang wasit.

2. Teknologi hawk-eye merupakan teknologi yang menggunakan 6 - 8 kamera yang memiliki kecepatan yang sangat tinggi yang dapat memberikan sudut pandang tertentu dari daerah gawang satu team. Saat bola kemudian melewati garis gawang, maka dengan cepat kamera mengirimkan gambar ke pusat data lalu mengolahnya untuk kemudian disalurkan ke wasit.

No comments:

Post a Comment