Saturday 28 July 2012

Tips Menjaga Agar Mata Anda Tetap Sehat



Berikut ini  merupakan beberapa tips agar menjaga mata anda tetap sehat, yaitu:

1. Aturlah waktu sebaik mungkin saat anda sedang bekerja atau sedang bermain di depan layar komputer, karena mata anda akan cepat lelah apabila anda berlama-lama menatap layar komputer.
 Bila mata anda sudah kelelahan , maka istirahatkanlah mata anda kira-kira 5-10 menit dengan cara menatap ke tempat lain. 

2. Untuk menghindari mata kering akibat terlalu lama menatap layar komputer, sering - seringlah berkedip.

3. Jaga jarak antara mata dengan layar monitor komputer  sejauh 30-40 cm dengan posisi bagian atas layar sesuai dengan ketinggian bola mata atau sedikit di bawah batas mata.

4. Atur kemiringan monitor komputer saat anda gunakan supaya gampang menyesuaikan dengan posisi mata. Bila mempunyai dana lebih, ada baiknya anda memakai monitor LCD sebab radiasinya lebih rendah bila dibandingkan dengan monitor CRT. 

5. Pakailah screen protector pada layar komputer anda agar bisa mengurangi pancaran radiasinya.

6. Hindari debu serta polusi dengan memakai pelindung mata dengan kacamata ataupun helm yang berkaca saat anda sedang mengendarai sepeda motor di jalan raya. 

Tujuannya adalah untuk menghindari debu masuk ke dalam mata sebab debu bisa mengakibatkan mata terinfeksi serta bisa mengakibatkan penyakit katarak mata.

7. Ubahlah kebiasaan buruk saat anda membaca buku dengan posisi sembarangan, misalnya membaca buku dengan penerangan di ruangan yang kurang cahaya serta membaca sambil tiduran, sebab akan menyebabkan mata anda akan bekerja lebih keras yang akibatknya mata dapat menjadi minus. 

Bacalah buku di ruangan dengan penerangan yang tepat. Usahakan jarak pandang membaca buku sekitar 30 cm.
 Bila terlalu dekat, mata akan menjadi tegang serta menyebabkan penyakit mata rabun jauh dalam jangka waktu yang panjang.

No comments:

Post a Comment