Sunday 15 July 2012

Tips Merawat Cat Warna Mobil Anda Agar Tidak Kusam dan Pudar



Anda harus tahu beberapa tips merawat cat warna pada mobil anda sehingga mobil tidak mudah kusam serta pudar warnanya, yaitu:

1. Anda harus mengerti bahwa ada beberapa penyebab mengapa warna cat mobil anda bisa pudar dan kusam, penyebabnya antara lain: sinar ultraviolet, bahan kimia, polutan udara, kotoran burung, pemoles mobil serta garam. 

Bahan kimia ini bisa terdapat di jalan karena polusi. Kandungan asam nitrat (HNO3) di kota besar sangatlah tinggi kadarnya. Asam ini bersifat merusak cat warna mobil anda, baik dalam bentuk gas ataupun dalam bentuk cair.

2. Kotoran burung yang menempel di mobil anda haruslah segera dibersihkan karena apabila sudah mengering maka akan menjadi sulit untuk dibersihkan. Hati-hati saat anda membersihkan kotoran burung yang telah mengering jika tidak mau menggores cat mobil kesayangan anda.

3. Jangan terlalu sering menggunakan pemoles mobil. Memang pemoles mobil sangat bermanfaat untuk melindungi cat warna mobil dari sinar ultraviolet, tetapi menggunakannya terlampau sering akan dapat mengikis lapisan cat mobil anda.

 Banyak sekali pemoles mobil yang ada ini mengandung bahan yang bersifat abrasif. Akibatnya, usia cat mobil dapat menjadi berkurang. Pakailah pemoles mobil itu dalam jangka waktu 3-4 bulan agar dapat memberikan perlindungan ekstra.

4. Parkirlah mobil anda di tempat yang teduh ketika anda hendak parkir di lahan yang terbuka. Bila mobil akan ditinggal dalam jangka waktu yang lama di bawah sinar mentari, sebaiknya tutupi mobil anda dengan menggunakan penutup mobil.

5. Rajinlah mencuci mobil anda minimal 2 minggu sekali untuk dapat membersihkan polutan serta bahan kimia yang telah menumpuk. Pakailah sabun khusus untuk mencuci mobil. Ada beberapa jenis sabun khusus mobil yang dapat menjaga lapisan cat mobil anda.

No comments:

Post a Comment