Saturday 14 July 2012

Apa itu Pempek Panggang Palembang dan Pempek Lenggang Palembang, Pempek Khas makanan Palembang, Sumtera Selatan



Pempek panggang Palembang merupakan salah satu jenis pempek Palembang selain dari pempek kapal selam serta pempek lenjer yang sudah dikenali banyak orang. 

Pempek panggang Palembang memiliki bentuk yang bundar serta pipih, dan dimasak dengan cara dipanggang diatas bara api yang menyala.

 Apabila sudah matang, maka pempek panggang ini kemudian dibelah namun tidak sampai dengan putus. Ke dalam belahan ini lalu diisi dengan udang tumbuk, sambal serta kecap manis sesuai dengan selera. Ada juga beberapa orang yang menyukai memakan pempek panggang ini dengan menggunakan cuko Palembang.

Apa itu cuko Palembang? coko Palembang terbuat dari air mendidih yang kemudian dikasih gula merah, udang ebi, cabai rawit tumbuk, bawang putih serta garam secukupnya.

Rasa pempek panggang Palembang ini sangat khas, terasa hangat saat digigit, serta lidah yang bisa langsung mengecap rasa udang tumbuk, serta rasa manis kecap berbaur dengan rasa pedas sambal , sungguh merupakan paduan cita rasa yang sangat unik dan menggugah selera.

Apa itu pempek lenggang Palembang? Pempek Lenggang  palembang umumnya diolah dari pempek Lenjer yang kemudian dipotong kecil - kecil. Potongan ini lalu diaduk dengan  kocokan telur ayam ataupun telur bebek.

 Campuran ini kemudian lalu digoreng langsung ke dalam wajan yang panas. Beberapa orang ada yang memasukkan terlebih dahulu adonan kedalam pincuk daun pisang, lalu kemudian digoreng sehingga aroma daun pisangnya melekat di pempek Palembang.

 Setelah matang di penggorengan, maka pempek lenggang kemudian ditiriskan lalu disajikan di piring bersama dengan udang tumbuk, soun , cacahan mentimun serta piring kecil yang berisi cuko Palembang, yang bisa langsung anda siram ke atas pempek Lenggang saat menyantapnya.

No comments:

Post a Comment