Saturday 28 July 2012

Sejarah Buah Kurma dan Jenis -Jenis Macam Buah Kurma



Ditilik dari sejarahnya, buah kurma sudah menjadi makanan utama peradaban Timur Tengah ribuan tahun yang lampau. Menurut beberapa sumber, buah kurma berasal dari Teluk Persia dan sekitarnya. 

Kurma ditanam dan dikembangkan oleh peradaban Mesopotamia dan dilanjutkan oleh masyarakat Mesir sejak Masa Prasejarah yaitu pada 4.000 Sebelum Masehi.

Uniknya, peradaban Mesir kuno memeram buah kurma untuk dijadikan anggur. Pada wilayah jazirah Arab sebelah timur ditemukan bukti adanya usaha manusia saat itu untuk menanam kurma dengan skala yang banyak pada 6.000 Sebelum Masehi. Hal tersebut menandakan pada zaman tersebut, buah kurma telah mempunyai nilai ekonomi yang besar.

Pada zaman selanjutnya, para penanam kurma di Arab kemudian menyebarkan bibit tanaman kurma ke benua tetangganya, Afrika Utara sampai dengan ke Eropa seperti ke Italia serta Spanyol. Masyarakat Spanyol lah yang membawa benih kurma sampai ke negara California serta Meksiko pada tahun 1765.

Sampai saat ini ada ratusan jenis buah kurma, berikut ini merupakan beberapa jenis kurma yang paling terkenal dan disukai oleh masyarakat , yaitu:

1.Kurma Nabi
Kurma Nabi hanya bisa hidup di Madinah. Ciri khas kurma Nabi ini yaitu memiliki tekstur yang lembut, berwarna hitam serta  tidak terlalu manis. Rasanya mirip dengan rasa kismis.

2. Kurma Khidri
Kurma Khidri mempunyai daging buah yang terasa kenyal serta kering, warnanya marun gelap dan banyak dipakai untuk bahan campuran membuat makanan lainnya karena memiliki rasa yang tidak terlalu manis.

3. Kurma Barhi
Kurma Barhi mempunyai tekstur yang cukup lembut mirip durian dengan rasa yang cukup manis, beberapanya malah memiliki rasa mirip karamel. Adapun warna buah kurma Bahri berwarna cokelat cerah.

4. Kurma Kholas
Kurma Kholas memiliki warna cokelat keemasan dengan rasa yang mirip karamel kopi, serta bertekstur empuk dengan rasa manisnya yang sedang saja.

5. Kurma Sokari
Kurma Sokari merupakan buah kurma yang sangat disukai oleh penduduk Arab Saudi karena memiliki tekstur yang lembut serta kenyal, juga rasanya yang manis serta daging buahnya tergolong kering.

Adapun jenis buah kurma lainnya adalah kurma sekki, silaj, majol, monief serta kurma mactoumi. 

No comments:

Post a Comment