Friday 27 July 2012

Kronologis Sejarah Manusia Mendarat Menjejaki Kaki Di Bulan Pertama Kalinya



Berikut ini merupakan rangkaian urutan peristiwa yang berujung pada peristiwa pendaratan pertama kalinya manusia menjejakkan kaki mendarat di bulan:

4 Oktober 1957 : Uni Soviet meluncurkan Sputnik 1, satelit bumi pertama yang pada akhirnya memicu pertarungan luar angkasa antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet.

25 Mei 1961 : Presiden Amerika Serikat John F Kennedy berpidato berbicara di hadapan kongres yang mengatakan harapannya bahwa negaranya dapat mendaratkan manusia ke bulan. Proposal Presiden John F Kennedy ini disambut dengan baik sehubungan waktu itu dimulai era Perang Dingin.

Tahun 1966 : NASA ( Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat ) meluncurkan pesawat Apollo tanpa awak ke luar angkasa.

Tanggal 21 Juli 1969 : Apollo 11 membawa 3 orang astronot Amerika Serikat yaitu Neil Armstrong, Edwin Aldrin, serta Michael Collins ke bulan dan disaksikan sekitar 450 juta penonton televisi. Peristiwa pendaratan tersebut kemudian merangsang pengembangan teknologi luar angkasa sampai dengan saat ini 2012.

Tepat 43 tahun yang lalu, Amreika Serikat membuat sejarah baru bagi manusia dimana pada tanggal 21 Juli 1969 jam 02.56 UTC, dimana astronotnya , Neil Armstrong, berhasil menjejakkan kakinya pertama kali ke bulan. Kejadian ini menandai keberhasilan usaha Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam mengirimkan manusia ke luar angkasa. 

No comments:

Post a Comment