Friday 17 August 2012

Apa itu NFC ( Near Field Communication ) ?




Sebenarnya, apa itu NFC ( Near Field Communication ) ?

NFC ( Near Field Communication ) sebenarnya merupakan teknologi nirkabel yang memungkinkan 2 perangkat " saling bicara". 
Hanya dengan mendekatkan 2 perangkat yang mendukung NFC ( Near Field Communication ), terjadi pertukaran data atau proses autentifikasi. Teknologi NFC ( Near Field Communication )ini pun telah mulai dipakai, misalnya:

1. Google Wallet yang dilakukan Google sebagai media pembayaran.
Konsep Google Wallet yaitu informasi kartu kredit pengguna tersimpan di chip NFC yang berada di dalam smartphone.
 Chip NFC sendiri telah terenkripsi dan mesti diaktifkan dengan password  sehingga terbilang aman. Saat pengguna tersebut mau membayar di suatu toko, maka ia hanya perlu mendekatkan smartphone tersebut ke mesin pembaca NFC sehingga transaksi pun berjalan cepat dan nyaman.

2. Seorang pelanggan memesan kamar hotel dengan memakai telepon. Konfirmasi pemesanan diterima pelanggan melalui smartphone-nya. Sebelum sampai di hotel, ia bisa melakukan check-in melalui smartphone. 
Setelah check in, pihak hotel lalu mengirim kunci kamar digital ke smart phone-nya memakai transfer "over-the-air". Saat tiba di hotel, pelanggan tersebut tidak perlu check-in di meja resepsionis , namun langsung menuju kamar yang telah dipesan.
 Sesampainya di depan kamar hotel, ia tinggak mendekatkan smartphone-nya ke pintu sehingga kunci kamar pun terbuka otomatis. 
Selama menginap, smartphone akan berfungsi sebagai kunci kamar. Setelah Check out memakai smartphone, kunci digital ini akan dinonaktifkan. 
Pembayaran kamar hotel pun berlangsung secara otomatis, berikut pembayaran mini bar serta restoran jika ada.

No comments:

Post a Comment