Monday, 27 August 2012

Sinopsis Resensi Film " Tanah Surga...Katanya"



Film "Tanah Surga...Katanya" ini disutradarai oleh Herwin Novianto dengan produksi Citra Sinema dengan pemeran nya yaitu : Aji Santosa, Fuad Idris, Astri Nurdin, Ringgo Agus Rahman.

Film "Tanah Surga...Katanya"  berkisah tentang seorang kakek bernama Hasyim yang hidup bersama dengan 2 cucunya , Salman dan Salina, yang tinggal di perbatasan Indonesia-malaysia di Kalimantan Barat.

Mereka tinggal di dusun yang lebih mengenal ringgit Malaysia dibandingkan dengan Rupiah.

Cerita dimulai dengan anak Hasyim yang bernama Haris, pulang ke dusun tersebut untuk mengajak keluarganya pindah ke Malaysia, disebabkan karena di Malaysia , tempat pendidikan dan perawatan kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan bila terus tinggal di dusun Kalimantan Barat ini.

Namun, keinginan Haris ditentang ayahnya, Hasyim, sehingga Haris hanya kembali ke Malaysia dengan membawa Salina seorang.

Perjuangan cucu Hasyim yang bernama Salman dimulai saat kakeknya Hasyim, mulai sakit.  Salman diharuskan bekerja keras dengan menawarkan jualan kerajinan dari dusunnya ke pasar Malaysia. Salman baru bisa kembali ke dusunnya saat gelap tiba, berjalan menyusuri jalanan yang berhutan dengan melintasi jembatan yang hanya terbuat dari batang pohon.

Film "Tanah Surga...Katanya" ini hendak menunjukkan kegigihan seorang anak untuk mau bertahan di tengah keadaan sosial ekonomi yang sungguh sangat memprihatinkan.

Film "Tanah Surga...Katanya"  diperindah dengan alunan lagu yang berjudul Kolam Susu buah karya Koes Yok Koeswojo dengan lirik syair yang indah sebagai bahan perenungan:

" Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jala cukup menghidupimu
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman...."

No comments:

Post a Comment

Post a Comment