Tuesday 7 August 2012

Penjelajah Mars Curiosity Mendarat di Planet Mars Tanggal 6 Agustus 2012



Penjelajah Mars Curiosity akhirnya dapat mendarat di Planet Mars setelah melakukan perjalanan di luar antariksa selama 252 hari dihitung dari bulan November tahun 2011.

Penjelajah Mars Curiosity  mendarat di Planet Mars pada hari Senin tanggal 6 Agustus 2012 jam 12.32 WIB.

Berikut ini beberapa fakta mengenai Penjelajah Mars Curiosity , yaitu:

1. Merupakan wahana ke Mars yang pertama yang menggunakan sistem sky crane, yang mirip alat untuk menaikturunkan barang dari helikopter tanpa perlu helikopter mendarat.

2. Penjelajah Mars Curiosity didaratkan ke Planet Mars dengan memakai pesawat luar angkasa bernama Mars Science Laboratory ( MSL ), dimana pesawat ini tugasnya seperti cangkang yang melindungi Penjelajah Mars Curiosity dari panas gesekan oleh sebab gesekan di atmosfer Planet Mars.

3. Kesuksesan Penjelajah Mars Curiosity  mendarat di Planet Mars , membuat NASA menargetkan manusia dapat mendarat di Planet Mars pada sekitar pertengahan tahun 2030.

4. Penjelajah Mars Curiosity  memiliki panjang 2,8 meter, kira-kira ukurannya sama dengan panjang kendaraan mobil Mini Cooper.

5. Penjelajah Mars Curiosity dibuat dengan biaya mencapai sekitar 2,3 Miliar Dollar AS atau setara dengan Rp. 23,75 Triliun dan merupakan wahana paling hebat yang pernah dibuat oleh NASA.

6. Penjelajah Mars Curiosity mempunyai 6 buah roda , dimana setiap rodanya mempunyai motor sendiri, sehingga dapat membuat Penjelajah Mars Curiosity bisa melakukan gerakan berputar tiga ratus enam puluh derajat.

7. Penjelajah Mars Curiosity memiliki sistem suspensi yang membuat wahana ini bisa menaiki daerah yang menanjak serta melewati wilayah yang susah dilalui.

8. Penjelajah Mars Curiosity mempunyai 10 instrumen penelitian, antara  lain:

- Penembak laser yang digunakan untuk mengecek komposisi pada batu-batu di planer Mars.

- Sekop dan bor yang terdapat pada ujung lengan robot yang gunanya untuk mengumpulkan sampel tanah serta serbuk batu-batu.

9. Penjelajah Mars Curiosity diperkirakan akan dapat beroperasi selama maksimal 2 tahun.

No comments:

Post a Comment