Tuesday 7 August 2012

Tips Bagaimana Caranya Agar Suhu Rumah tidak Panas



Berikut ini merupakan beberapa tips agar bisa mengurangi panas dalam rumah anda, yaitu:

1. Buat ventilasi pada atap rumah anda, dimana ruang atap rumah yang biasanya menerima langsung radiasi panas sinar surya, perlu "didinginkan" dengan membuat ventilasi di atap, tujuannya adalah agar panas yang diteruskan ke bawah bisa berkurang.

2. Buat langit -langit yang tinggi pada rumah anda, mengapa? Sebab jarak yang jauh antara lantai dengan plafon rumah ternyata bisa menurunkan suhu ruang sebab adanya ruang kosong yang membuat udara bisa bergerak bebas. 
Panas dari atap dapat didinginkan, namun jangan lupa dengan ventilasi ruangan rumah juga mesti baik.

3. Udara bisa mengalir di daerah yang berbeda tekanannya. Buatlah bukaan di dua sisi bangunan yang saling bersebrangan satu sama lainnya.
 Supaya alirannya bisa berputar ke semua ruangan, maka bikinlah bukaan yang memiliki ukuran yang berbeda serta tidak saling berhadapan. teknik ini disebut sebagai ventilasi silang.

4. Cat ruangan rumah anda dengan menggunakan warna yang terang, sebab warna terang  bisa memantulkan panas . 
Sedangkan kalau memakai warna gelap, maka warna gelap malahan akan menyerap panas. Contoh warna terang untuk cat interior rumah anda adalah warna putih, atau  peach.

5. Jangan biarkan taman anda , semuanya dibuat berupa perkerasan tanpa adanya tanaman. Tanaman bisa berfungsi menyerap panas serta warna hijau dedaunannya berfungsi menyejukkan.
 Bila lahan pekarangan rumah tidak memungkinkan karena sempit,  taruhlah tanaman hijau yang ada di dalam pot, ke dalam pekarangan rumah anda.

6. Bagian atas rumah untuk desain tertentu, dapat diletakkan rerumputan serta dibuat kolam, dengan maksud supaya bisa menurunkan suhu dibawahnya, namun pada saat hendak membuatnya, sangat perlu diperhatikan betul - betul supaya tidak menimbulkan masalah di kemudian hari seperti kebocoran, masalah lembab dan sebagainya.

No comments:

Post a Comment