Saturday 25 August 2012

Manfaat Chlor Etil, Obat Semprot Untuk Kaki yang Cedera Pada Kaki Pemain Sepakbola



Bila anda meilhat di tayangan televisi, saat pemain sepakbola sedang mengerang kesakitan akibat kakinya yang cedera di lapangan sepakbola, lalu dengan sigap petugas medis mendatanginya lalu menyemprot kaki yang cedera tersebut dengan magic spray, dan ajaibnya, tak lama kemudian pemain yang kakinya cedera tersebut sudah bisa bermain kembali dengan mengejar bola.

Lalu apa yang ada di dalam magic spray tersebut sehingga bisa memulihkan cedera secara sekejap untuk kaki yang cedera para pemain sepakbola?

Obat Semprot Magic ini mengandung zat Chlor Etil, yaitu zat bahan kimia yang bisa menimbulkan reaksi dingin saat bersentuhan dengan kulit. Rasa dingin ini yang digunakan sebagai pereda sakit sekaligus bermanfaat untuk menghentikan pendarahan.

Chlor Etil digunakan dalam menangani cedera , dimana Chlor Etil menjadi bagian dari metode bernama RICE ( Rice, Ice, Compression, dan Elevation).

Tapi, metode memakai es atau dikenal dengan kompres dingin meruapakn salah satu cara yang hanya digunakan bila sifatnya mendesak. Setelah menjalani pertandingan sepakbola, maka sebaiknya pemain sepakbola yang cedera tersebut harus beristirahat, membebat bagian yang cedera serta menaikkan bagian tubuh yang cedera lebih tinggi untuk mengurangi rasa nyeri serta bengkak.

Penangana cedera untuk pemain sepakbola juga bisa ditambah dengan menggunakan obat-obatan, fisioterapi serta sport terapi untuk menguatkan otot-otot serta peregangan supaya otot kembali lentur.

Chlor Etil juga bermanfaat untuk:

1.Dokter gigi , dimana Chlor Etil digunakan untuk mengurangi pendarahan ketika mencabut gigi susu yang akar giginya tidak terlalu dalam.

2. Dokter bedah, digunakan untuk memanipulasi supaya dapat dilakukan tindakan seperti mengobati abses yang cukup matang namun tidak dapat disuntik.

3. Keperluan syuting film, misalnya film laga asli buatan Indonesia, yang berjudul The Raid, memakai 360 botol Chlor Etil selama syuting. 

No comments:

Post a Comment