Saturday 4 August 2012

Apa itu Mobil CBU dan Tips Membeli Mobil CBU


Mobil CBU sebenarnya merupakan singkatan dari Mobil Completely Built-Up yang disingkat menjadi mobil CBU.

Dengan kata lain Mobil CBU merupakan suatu istilah untuk mobil yang dibeli secara impor dalam bentuk jadi. Umumnya Mobil CBU diimpor sebab tidak adanya stock mobil merek tersebut di pasar dalam negeri. 
Pada umumnya, Mobil CBU dibeli melalui Importir Umum ( IU ).

Namun, patut anda ketahui, membeli Mobil CBU bukanlah tanpa resiko. 

Lalu, apa resiko membeli Mobil CBU ?

1. Sudah sering terdengar kalau banyak IU yang ternyata penipu, dimana Mobil CBU yang dipesan oleh pembeli , tidak juga kunjung datang .

2. Ada juga yang tidak sesuai dengan pesanan atau keinginan pembeli sejak pesan dari awal ke IU.

3. Mobil CBU  yang datang ternyata tidak sesuai dengan yang dijanjikan IU.

4. Mobil CBU yang datang ternyata mobil ilegal.

Berikut ini merupakan beberapa tips dalam membeli Mobil CBU , supaya terhindar dari resiko yang disebutkan diatas, yaitu:

1. Segera membuat surat kontrak yang jelas antara pembeli maupun penjual.

2. Pastikan bahwa apa yang dealer janjikan kepada anda sebagai calon pembeli, tertulis dalam surat kontrak tersebut, termasuk berapa lama garansi Mobil CBU , apa saja yang digaransi serta bagaimana cara mengurus pajak Mobil CBU -nya.

3. Pastika dalam surat kontrak tersebut juga mencantumkan bonus atau hadiah apa yang akan anda terima sehubungan dengan pembelian Mobil CBU .

4. Asuransikan Mobil CBU supaya terhindar dari resiko kerugian. Carilah pihak asuransi yang sudah dipercaya dan telah mempunyai nama.
5. Pilih jenis, tipe serta merek Mobil CBU  , yang anda maui. Cari info Mobil CBU tersebut di internet atau majalah.

6. Saat membeli Mobil CBU , belilah secara paket sebab ketika melakukan pembayaran nantinya, anda tidak harus repot dalam mengurus semua kelengkapan surat serta ketetapan yang berlaku, anda juga tidak membuang uang tambahan lagi dengan percuma.

7. Pastikan anda mengetahui harga on the road Mobil CBU tersebut.  Hal tersebut penting untuk anda tanyakan, sebab umumnya showroom mobil mengajukan daftar harga tersembunyi (off the road ). Anda harus jeli disini, sebab harga satuan yang sebenarnya adalah harga on the road.

No comments:

Post a Comment