Wednesday 22 August 2012

Tips Merawat Mobil Agar Aman dan Nyaman Saat Dikendarakan



Berikut ini merupakan beberapa tips dalam merawat mobil anda supaya nyaman dikendarakan, yaitu:

1. Cek cairan mobil, yaitu :
-Oli mesin, dengan anda memastikan oli mesin dalam kondisi yang baik, maka mesin akan menghasilkan tenaga yang maksimal untuk dapat membuat mobil bisa bergerak 

 -Oli transmisi, dimana bila volume oli transmisi berkurang serta turunnya kualitas oli, apalagi pada mobil matik, bisa mengakibatkan mobil menjadi sulit untuk melaju pada awal dikendarai. Anda juga bisa tidak nyaman saat terjadi pergantian gigi.

-Cairan power streering, dimana cek cairan power steering tersebut supaya tetap dalam keadaan yang baik serta dalam volume yang dianjurkan.
 Bila anda lalai membiarkan cairan power steering ini berada di bawah batas normal serta malahan habis sama sekali, akan menyebabkan rusaknya pompa power streering, sehingga akan membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk memperbaiki pompa power steering tersebut.

-Cairan rem, dimana bila anda cek secara berkala akan membuat sistem pengereman anda menjadi sempurna sehingga terhindar dari resiko kecelakaan.

2. Cek kopling.

Kopling bertugas menghubungkan serta melepaskan pengaruh putaran mesin dengan transmisi. Untuk memperpanjang usia kopling mobil anda, maka tips nya adalah:

- Jangan menginjak kopling terlalu lama saat berkendara, sehingga dapat menghindarkan gesekan plat kopling serta roda penerus secara berlebihan.

-Jangan menginjak pedal kopling lalu melepasnya dengan terlalu cepat, tapi lakukanlah secara perlahan , sehingga bisa terhindar terjadinya keausan plat kopling lebih dini.

3. Anda perlu mengetahui bahwa mobil yang mempunyai jalur pelumasan pada mesin yang lebih panjang dan kecil, akan membutuhkan pelumas/oli yang lebih encer dari pelumas konventional. 

Jika pemilik mobil memakai pelumas yang lebih kental dari yang disarankan produsen, maka akan berpengaruh pada pompa oli bekerja berat serta aktivitas di dapur pembakaran menjadi tidak optimal. Kotoran yang telah bercampur pada oli akibat lupa mengganti oli pun bisa menyumbat sistem pelumasan.

No comments:

Post a Comment