Monday 27 August 2012

Mengapa Pembalap Sepeda Lance Armstrong Dituduh Doping Sehingga 7 Gelar Juara Tour de France Dicopot?



Lance Armstrong, pembalap sepeda asal Texas, Amerika Serikat, dituduh oleh Badan Anti-Doping Amerika Serikat ( USADA ) memakai doping sehingga Lance Armstrong bisa menjuarai Tour de France sebanyak 7 kali berturut-turut.

Apa saja tuduhan doping dari USADA yang dituduhkan dipakai oleh Lance Armstrong ?

1.Lance Armstrong dituding menggunakan obat penambah darah atau EPO ( Erythropoietin )
2. Testosterone
3. Cortisone
4. Melakukan doping darah dengan cara transfusi darah dari tahun 1996-2005.

Apa itu doping darah ( blood doping ) melalui transfusi darah?

Doping darah membuat sel eritosit ( sel darah merah ) yang mengandung banyak oksigen menjadi bertambah banyak dalam waktu yang relatif tidak lama. Tujuan dari doping darah adalah agar membuat sang olahragawan menjadi lebih segar.

Lance Armstrong yang di kota asalnya Texas, awalnya dianggap sebagai pahlawan dan malaikat. Karena kehebatannya memenangkan lomba Tour de France 7 kali berturut-turut, pemerintah kota Austin, Texas sampai - sampai membuatkan jalur sepeda dengan panjang 9,6 kilometer dan di beri nama Lance Armstrong . 

Lance Armstrong  dianggap malaikat sebab Lance Armstrong  menggunakan kepopulerannya dengan membuat Yayasan Lance Armstrong yang bertujuan untuk mencari dana agar bisa menolong para pasien yang berpenyakit kanker.

 Yayasan Lance Armstrong sempat berhasil mendapatkan dana sebesar 500 juta Dollar US atau kira-kira setara dengan 4,8 Triliun Rupiah dalam kurun waktu 15 tahun serta sudah menolong sekitar 2,5 juta pasien berpenyakit kanker.

Sanksi yang diberikan oleh USADA kepada Lance Armstrong yaitu dengan mencabut 7 gelar juara Tour de France pada tahun 1999-2005, serta melarang Lance Armstrong bertanding seumur hidupnya. 

No comments:

Post a Comment