Saturday 4 August 2012

Apa itu Obrog serta Ragit, Istilah yang Biasa Muncul di Indramayu Saat Bulan Ramadhan Tiba?



Saat Bulan puasa Ramadhan tiba, biasanya istilah Obrog serta Ragit itu muncul di kota Indramayu, Jawa Barat.

Apa itu Ragit?

Ragit merupakan makanan tradisional khas Indramayu, biasanya dimakan saat berbuka puasa. Makanan Ragit ini terbuat dari irisan telur dadar, kuah santan udang laut, mie kuning, sayuran, serta diberi sambal sebagai penambah selera makan. 

Rasa Ragit itu enak serta harganya pun murah. Pedesan entog , sate junti, merupakan makanan khas ramadhan di Indramayu, selain Ragit.

Apa itu Obrog?

Obrog merupakan suatu cara yang khas yang ada di kota Indramayu dan kota Cirebon, untuk membangunkan warganya untuk sahur. 

Obrog ini dilakukan selama 1 bulan penuh saat Ramadhan. obrog dilakukan saat jam 02.00-03.00 pagi buta, dimana rombongan musik obrog akan kumpul serta mengelilingi kampung mereka dengan tujuan untuk membangunkan masyarakat agar sahur.

Istilah obrog sendiri berasal dari alat musik yang digunakan masyarakat untuk membangunkan warganya untuk sahur, yang terdiri dari sejenis kendang, diiringi "alat musik tambahan lainnya" seperti kentungan, ember, panci, ataupun ember. 

Alat musik tersebut dipukul dengan irama seadanya, dimana pemain obrog adalah pria.

Seiring perkembangan zaman, maka tradisi obrog dilakukan secara modern , yaitu dengan memakai gitar elektrik, organ , keyboaerd, drum serta ada sound system yang dibunyikan diatas sebuah panggung kecil yang mempunyai roda di bawahnya, lalu diarak secara berkeliling di desa untuk membangunkan warganya, agar sahur. 

No comments:

Post a Comment